Tautan-tautan Akses

PBB: Kita Memiliki Tanggung Jawab Bersama untuk Meredakan Ketegangan dan Berjuang untuk Perdamaian


Dewan Keamanan PBB menggelar pertemuan untuk membahas situasi di Timur Tengah, termasuk soal serangan Iran ke Israel, di markas PBB di Kota New York, pada 14 April 2024. (Foto: AFP/Charly Triballeau)
Dewan Keamanan PBB menggelar pertemuan untuk membahas situasi di Timur Tengah, termasuk soal serangan Iran ke Israel, di markas PBB di Kota New York, pada 14 April 2024. (Foto: AFP/Charly Triballeau)

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menyerukan agar pihak-pihak yang bertikai sedapat mungkin menahan diri dan melakukan deeskalasi setelah Iran meluncurkan lebih dari 300 pesawat nirawak dan peluru kendali ke Israel pada Minggu (14/4) dini hari.

Israel mengatakan 99% dari serangan tersebut berhasil dicegat.

Guterres membuka sidang darurat Dewan Keamanan PBB pada Minggu dan mengatakan “waktunya tiba untuk melangkah mundur dari tepi jurang kehancuran itu.”

“Penting untuk menghindari tindakan yang bisa mengakibatkan konfrontasi militer di banyak front di Timur Tengah. Warga sipil sudah menanggung sebagian besar akibatnya dan membayar mahal. Dan kita memiliki tanggung jawab bersama untuk secara aktif melibatkan semua pihak guna mencegah eskalasi lebih lanjut,” tambahnya.

Sementara itu pemimpin Israel memuji koalisi militer internasional atas keberhasilan menggagalkan serangan langsung yang dilancarkan Iran itu dan menyebut tanggapan terkoordinasi tersebut sebagai titik awal bagi sebuah “aliansi strategis” dari perlawanan kawasan terhadap Teheran.

Tetapi seorang pejabat Israel mengatakan, kabinet perang Israel sudah bertemu tanpa menghasilkan keputusan nyata mengenai langkah berikutnya yang akan diambil di saat dunia dengan cemas menunggu tanda-tanda eskalasi lebih lanjut.

Koalisi militer tersebut dipimpin oleh AS, Inggris dan Prancis dan tampaknya mengikutsertakan beberapa negara Timur Tengah. Koalisi tersebut berhasil menembak jatuh sebagian besar dari ke 350 pesawat nirawak dan rudal Iran pada Minggu dini hari.

Para pemimpin negara-negara G7, kumpulan negara-negara industri, menerbitkan sebuah pernyataan pada Minggu dan “mengecam keras serangan langsung Iran terhadap Israel.” [jm/rs]

Forum

XS
SM
MD
LG