Tautan-tautan Akses

PBB Kirim Penjaga Perdamaian Tambahan ke Daerah Abyei di Sudan


Para pengungsi dari Abyei di Khartoum, Sudan Utara, menunggu transportasi kembali ke daerah mereka, 9 Januari lalu.

Para pengungsi dari Abyei di Khartoum, Sudan Utara, menunggu transportasi kembali ke daerah mereka, 9 Januari lalu.

PP akan mengalihkan 100 tentara dari bagian-bagian lain Sudan ke Abyei, untuk mengamankan kawasan tersebut dari kekerasan lebih lanjut.

PBB mengirimkan penjaga perdamaian tambahan ke daerah Abyei, Sudan, setelah pertempuran pekan ini menewaskan sekurang-kurangnya 70 orang.

PBB mengatakan, Kamis, pihaknya mengalihkan 100 tentara dari bagian-bagian lain Sudan ke Abyei, di mana ratusan perempuan dan anak-anak sedang melarikan diri untuk menghindari kekerasan. Abyei merupakan sebuah teritori kaya minyak dengan status pemerintahan khusus di Sudan, terletak di antara Sudan Utara dan Selatan.

Para saksi mata mengatakan pertempuran tersebut melibatkan laskar Misseriya yang bersekutu dengan Sudan Utara dan warga suku Ngok Dinka yang mendukung Sudan Selatan. Para pejabat Selatan dan Utara saling menuduh angkatan bersenjata yang lainnya mendukung kekerasan tersebut. Kedua angkatan bersenjata itu membantah terlibat.

Pada hari yang sama, Dewan Keamanan PBB menegaskan ada kebutuhan mendesak akan persetujuan politik mengenai Abyei.

Kekerasan meningkat di Abyei sementara Sudah Selatan bersiap-siap untuk melepaskan diri dari Sudan Utara bulan Juli. Referendum yang diadakan Januari lalu menunjukkan lebih dari 90 persen rakyat Sudah di bagian selatan setuju memisahkan diri sebagai negara yang merdeka.

XS
SM
MD
LG