Tautan-tautan Akses

AS

PBB: Diplomat India yang Bermasalah Harus Dapat Persetujuan AS


Markas besar PBB di New York. (Foto: Dok)

Markas besar PBB di New York. (Foto: Dok)

Departemen Luar Negeri Amerika harus terlebih dahulu menyetujui pengalihan Devyani Khobragade dari posisi di konsulat ke posisi Misi India di PBB.

PBB mengatakan telah memproses permintaan pemerintah India untuk mendaftarkan seorang wakil konsul jenderal negara itu -- yang dituduh melakukan penipuan dalam formulir visa mengenai bayaran bagi pembantunya – sebagai anggota misi India di PBB.

Namun seorang juru bicara kantor PBB mengatakan Senin (23/12), Departemen Luar Negeri Amerika harus terlebih dahulu menyetujui pengalihan Devyani Khobragade dari posisi di konsulat ke posisi Misi India di PBB.

Pemerintah India dilaporkan berusaha mengalihkan Khobragade ke Misi PBB karena para diplomat di badan dunia itu memiliki kekebalan hukum yang lebih besar.

Penangkapan Khobragade pada 13 Desember lalu telah memicu ketegangan diplomatik antara Amerika dan India. Khobragade yang ditangkap dekat sekolah anaknya mengeluh ia dipaksa menjalani penggeledahan fisik secara berlebihan dan dimasukkan ke penjara seruangan dengan para pencandu narkoba.

Khobragade dapat menghadapi hukuman penjara maksimum 10 tahun karena penipuan visa dan lima tahun karena membuat pernyataan palsu jika terbukti bersalah. Ia mengatakan, ia memiliki kekebalan diplomatik.

Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan. kekebalan yang dimilikinya hanya terbatas pada tugas-tugas yang berkenaan dengan kegiatan konsulat.
XS
SM
MD
LG