Tautan-tautan Akses

PBB Cabut Koalisi Saudi dari Daftar Pelanggaran Berat


Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon.

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon.

PBB mencatat 1.953 kematian dan luka-luka di kalangan anak-anak di Yaman pada tahun 2015, 60 persen di antaranya disebabkan oleh koalisi.

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon telah mencabut koalisi pimpinan Arab Saudi yang bertempur melawan pemberontak Syiah di Yaman dari daftar pasukan pemerintah yang melakukan pelanggaran berat terhadap anak-anak tahun lalu.

Putusan ini masih menunggu hasil peninjauan bersama atas kasus itu menyusul protes keras dari Arab Saudi.

Duta Besar Arab Saudi untuk PBB Abdallah Al-Mouallimi, Senin (6/6), beberapa kali bersikeras bahwa "pencabutan itu adalah tanpa syarat dan tidak dapat dibatalkan," sambil menjelaskan pemerintahnya yakin peninjauan akan menyimpulkan bahwa koalisi tersebut "dimasukkan ke dalam daftar itu secara keliru."

Sebelumnya, ia mengatakan pemerintahnya amat kecewa koalisi dimasukkan dalam daftar yang berdasarkan informasi yang "tidak tepat dan tidak lengkap."

Laporan tahunan Sekretaris Jenderal PBB tentang anak-anak dan konflik bersenjata yang dikeluarkan hari Kamis menyatakan bahwa PBB mencatat 1.953 kematian dan luka-luka di kalangan anak-anak di Yaman pada tahun 2015, 60 persen di antaranya disebabkan oleh koalisi. [sp]

XS
SM
MD
LG