Tautan-tautan Akses

AS

Pawai & Konser Meriahkan "Hari Bumi" di AS


Mary J. Blige tampil dalam perayaan "Hari Bumi" di Monumen Nasional Washington DC, 18 April 2015

Mary J. Blige tampil dalam perayaan "Hari Bumi" di Monumen Nasional Washington DC, 18 April 2015

“Hari Bumi” yang diperingati dengan pawai dan konser sehari penuh di Monumen Nasional, Washington DC hari Sabtu (18/4) menarik ratusan ribu orang.

Usher, Mary J. Blige, Gwen Stefani, Common and Train ikut tampil dalam konser “Global Citizen 2015 Earth Day” yang dipandu oleh will.i.am dan wartawan Soledad O’Brien itu.

Pawai yang dilangsungkan itu merupakan inisiatif bersama dengan Proyek Kemiskinan Global untuk mengakhiri kemiskinan parah di dunia. Pihak penyelenggara berupaya menyorot masalah perubahan iklim.

Sekjen PBB Ban Ki-moon, Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim, aktor Don Cheadle dan vokalis Coldplay Chris Martin ikut berbicara dalam acara itu.

Pawai dan konser ini bertepatan dengan pertemuan tahunan Dana Moneter Internasional IMF dan Bank Dunia, yang dihadiri para pejabat tinggi keuangan dunia.

“Hari Bumi” secara resmi akan diperingati pada hari Rabu, 22 April mendatang, yang sekaligus menandai peringatan “Hari Bumi” ke-45.

Dalam perkembangan lainnya, Departemen Luar Negeri Amerika juga menyelenggarakan “Major Economies Forum on Energy and Climate” hingga hari Senin (20,4) nanti. Departemen Luar Negeri mengatakan forum negara-negara berkembang dan maju itu dimaksudkan untuk “mendorong kemajuan dalam pertemuan perubahan iklim dan tantangan energi bersih,” serta meningkatkan pasokan energi bersih “sambil memangkas emisi gas rumah kaca.” Ada 17 negara anggota dalam forum ini. Namun sejumlah “negara dengan keanggotaaan khusus” juga hadir.

Sebelumnya Presiden Amerika Barack Obama dalam pidato minggu melalui radio mengatakan, “tidak ada ancaman yang lebih besar terhadap planet kita dibanding perubahan iklim.”

Ditambahkannya “perubahan iklim tidak lagi bisa disangkal atau diabaikan” karena 14 dari 15 tahun terpanas dalam catatan sejarah justru terjadi pada 15 tahun pertama abad ini. Tahun 2014 lalu tercatat sebagai tahun terpanas dalam sejarah.

XS
SM
MD
LG