Tautan-tautan Akses

Paus Fransiskus Berangkat Menuju Portugal Guna Letakkan Fondasi untuk Masa Depan Gereja


Sejumlah peserta tampak menyakikan lagu Kristen di saat berkumpul menyambut peserta lain yang datang untuk menghadiri Hari Orang Muda Sedunia di Lisbon, Portugal, pada 28 Juli 2023. (Foto: AP/Armando Franca)
Sejumlah peserta tampak menyakikan lagu Kristen di saat berkumpul menyambut peserta lain yang datang untuk menghadiri Hari Orang Muda Sedunia di Lisbon, Portugal, pada 28 Juli 2023. (Foto: AP/Armando Franca)

Ketika Paus Fransiskus pergi ke Rio de Janeiro, yang menjadi perjalanan luar negeri pertama di masa kepausannya, untuk menghadiri Hari Orang Muda Sedunia pada 2013, dia mendesak kaum muda untuk membuat “guncangan” di gereja-gereja lokal mereka, untuk membuat perubahan bahkan jika itu berarti membuat para uskup tidak nyaman.

Di saat dia kembali menghadiri perayaan Hari Orang Muda Sedunia pada minggu ini, di Lisbon, Portugal, Paus Fransiskus dalam banyak hal telah menerapkan nasihatnya sendiri. Setelah 10 tahun menjadi Paus, ia telah mempercepat agenda reformasinya dan membuat perubahan revolusioner dalam personel dan kebijakan yang pasti mengguncang banyak hal.

Tidak terbebani oleh bayang-bayang Paus Benediktus XVI, yang meninggal tujuh bulan lalu, dan meskipun baru pulih dari operasi usus kedua dalam beberapa tahun, Paus Fransiskus, yang saat ini berusia 86 tahun, membuka paruh kedua tahun ini dengan kunjungannya ke Portugal.

Dia tampaknya sadar bahwa dia memiliki waktu terbatas untuk memantapkan perubahan yang dia yakini diperlukan untuk gereja di abad ke-21 dan dia kini mencari generasi setia dan pemimpin berikutnya untuk melaksanakannya.

“Saya mengerti bahwa ini adalah fase konsolidasi kepausan,” kata penulis biografi kepausan Austen Ivereigh. “Dia meletakkan dasar sekarang untuk masa depan.”

Dan tidak ada tempat yang lebih baik untuk menunjukkannya selain di Hari Orang Muda Sedunia. Perhelatan internasional itu, yang diluncurkan oleh Santo Yohanes Paulus II pada tahun 1986 untuk menggembleng kaum muda Katolik dalam iman mereka, diperkirakan akan menarik hingga 1 juta orang untuk acara pasca-pandemi pertamanya.

Kepedulian terus menerus Paus Fransiskus akan keadilan sosial tentang perubahan iklim, ketidaksetaraan sosial dan persaudaraan, serta perang Rusia di Ukraina, diperkirakan akan menjadi tema utama. [lt/rs]

Forum

XS
SM
MD
LG