Tautan-tautan Akses

Pasukan Keamanan Suriah Lancarkan Serangan Darat di Kota Homs


Para anggota pasukan pemberontak Suriah siaga di distrik al-Bayada, kota Homs (29/2).

Para anggota pasukan pemberontak Suriah siaga di distrik al-Bayada, kota Homs (29/2).

Pasukan khusus Lapis Baja dan tank-tank dikerahkan di sekitar Homs dalam persiapan bagi serangan terakhir atas kubu pemberontak.

Pasukan keamanan Suriah telah melancarkan serangan darat di kota Homs yang terkepung itu dalam upaya merebut beberapa distrik yang dikuasai pemberontak. Distrik-distrik itu telah menderita serangan artileri bertubi-tubi selama hampir sebulan.

Para aktivis hari Rabu melaporkan satuan-satuan elit Divisi Kendaraan Lapis Baja Ke-Empat dibawah komando adik presiden Bashar al-Assad, Maher, terlibat dalam pertempuran sengit melawan pemberontak Laskar Suriah Bebas tidak jauh di luar perkampungan Baba Amr dan al-Inshaat.

Seorang pejabat Suriah bertekad Baba Amr akan dibersihkan dalam beberapa jam. Tapi seorang aktivis di distrik itu memberitahu VOA lewat Skype bahwa garis pertahanan pemberontak dipertahankan.

Sekurang-kurangnya tiga wartawan asing terjebak di Baba Amr, meskipun para aktivis Suriah berhasil menyelamatkan fotografer Inggris Paul Conroy ke Libanon hari Selasa. Dalam upaya penyelamatan itu, beberapa penolongnya tewas.

Para aktivis mengatakan, tentara juga memasuki kota Halfaya, di provinsi Hama, Suriah tengah setelah lima hari pertempuran sengit. Mereka mengatakan kota Rastan yang dikuasai pemberontak, di utara Homs dibombardir dan dilaporkan menimbulkan korban.

Kofi Annan, utusan bersama PBB-Liga Arab yang baru diangkat untuk Suriah, mengatakan hari Rabu ia akan berangkat ke Suriah segera untuk memohon kepada Assad agar menempuh dialog dengan oposisi untuk mencapai penyelesaian damai bagi kerusuhan negara itu. Presiden Suriah telah melancarkan penindakan maut terhadap kebangkitan anti-pemerintah yang sudah berlangsung hampir setahun.

Dalam jumpa pers bersama Sekjen PBB Ban Ki-moon di New York, Annan mengatakan patut disesalkan bahwa Suriah belum memberi akses kepada pekerja kemanusiaan menolong kaum sipil yang terperangkap.

Mantan Sekjen PBB itu akan memulai kunjungan pertamanya ke kawasan itu sebagai utusan untuk Suriah dengan mengadakan pembicaraan dengan pimpinan Liga Arab, Nabil Elaraby di Kairo.

XS
SM
MD
LG