Tautan-tautan Akses

Partai PM Thaci Menangi Pemilu Kosovo


Partai Demokratik Kosovo pimpinan Perdana Menteri Kosovo Hashim Thaci (tengah) meraih sebagian besar suara dalam pemilihan anggota parlemen pertama di Kosovo.

Partai Demokratik Kosovo pimpinan Perdana Menteri Kosovo Hashim Thaci (tengah) meraih sebagian besar suara dalam pemilihan anggota parlemen pertama di Kosovo.

Partai Demokratik Kosovo pimpinan Thaci meraih 34 persen suara. Saingan utamanya, Liga Demokratik Kosovo meraih 24 persen.

Partai yang dipimpin Perdana Menteri Kosovo Hashim Thaci meraih sebagian besar suara dalam pemilihan anggota parlemen pertama di negara itu sejak merdeka. Thaci kini menghadapi perundingan alot mengenai pembentukan pemerintah baru.

Menurut hasil awal Senin, Partai Demokratik Kosovo pimpinan Thaci meraih 34 persen suara. Saingan utamanya, Liga Demokratik Kosovo meraih 24 persen. Partai Thaci akan menjadi blok terbesar di parlemen yang beranggota 120 orang, tetapi tidak menjadi akan menjadi mayoritas. Analis politik Kosovo Krenar Gashi mengatakan kepada VOA, para pemimpin partai saingannya telah menyatakan tidak ingin membentuk koalisi dengan Thaci.

Perdana Menteri Thaci terpaksa mengadakan pemilu dini sewaktu pemerintah koalisinya ambruk setelah gagal dalam mosi tak percaya di parlemen bulan lalu.

Kosovo adalah salah satu negara paling baru berdiri di Eropa dan salah satu negara termiskin di sana. Sejumlah 40 persen warganya menganggur dan ketegangan antara mayoritas etnis Albania dan Serbia yang minoritas masih tinggi.

Tetapi, Thaci menyatakan ia ingin agar Kosovo bergabung dengan blok Uni Eropa.

XS
SM
MD
LG