Tautan-tautan Akses

Parlemen Israel Pilih Tokoh Konservatif sebagai Presiden


Tokoh konservatif Reuven Rivlin terpilih sebagai Presiden baru Israel, hari Selasa (10/6).

Tokoh konservatif Reuven Rivlin terpilih sebagai Presiden baru Israel, hari Selasa (10/6).

Parlemen Israel telah memilih seorang tokoh konservatif Reuven Rivlin sebagai pengganti Shimon Peres menjadi Presiden Israel, hari Selasa (10/6).

Parlemen Israel telah memilih seorang anggotanya yang konservatif yang menentang pembentukan sebuah negara Palestina sebagai presiden Israel berikutnya.

Reuven Rivlin, seorang mantan ketua parlemen hari Selasa (10/6) diumumkan sebagai pengganti Shimon Peres menjadi presiden yang lebih bersifat seremonial namun berpengaruh. Ia sebelumnya menyerukan konfederasi bagi Palestina dibandingkan dengan satu negara Palestina.

Dalam upacara setelah pemilihan Knesset, Rivlin mengatakan posisi baru mewajibkannya untuk menanggalkan jabatan politiknya, yang mungkin menjadi pertanda bahwa ia akan meninggalkan politik pribadinya untuk mewakili pemerintah secara keseluruhan.

Seperti Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, Rivlin adalah seorang anggota partai Likud. Tapi hubungan keduanya renggang dan Perdana Menteri mempunyai kekuasaan politik yang lebih besar.

Perdana Menteri Netanyahu hari Selasa mengatakan ia yakin Rivlin akan melakukan segalanya untuk melaksanakan tantangan-tantangan jabatan tersebut dan sebaliknya berjanji akan bekerja sama dengan presiden baru itu.

Rivlin yang berusia 74 tahun diperkirakan akan menjabat bulan Juli ketika masa jabatan tujuh tahun Simon Peres berakhir. Peres usia 90 tahun adalah seorang pemenang Hadiah Nobel bagi Perdamaian yang sangat menjunjung perdamaian dengan Palestina.
XS
SM
MD
LG