Tautan-tautan Akses

Obama Sambut Seruan Paus Tentang Pemanasan Global


Ensiklik baru Paus Fransiskus diperlihatkan dalam konfrensi pers di Vatikan (18/6). (Reuters/Max Rossi)

Ensiklik baru Paus Fransiskus diperlihatkan dalam konfrensi pers di Vatikan (18/6). (Reuters/Max Rossi)

Presiden AS Barack Obama mengatakan Paus mengemukakan alasannya, dengan jelas dan dengan kuat dan dengan wewenang moral penuh dari jabatannya” untuk pengambilan tindakan.

Presiden AS Barack Obama mengatakan Kamis (18/6) ia menyambut baik seruan Paus Fransiskus terkait pemanasan global, dan mengatakan ia sangat mengagumi keputusan Paus untuk “mengemukakan alasannya dengan jelas dan dengan kuat dan dengan wewenang moral penuh dari jabatannya” untuk pengambilan tindakan.

"Kita juga harus melindungi kaum miskin dunia, golongan yang paling sedikit menyebabkan krisis lingkungan yang mengancam dan akan menderita paling berat kalau kita gagal menghindarkannya,” kata Obama.

Paus Fransiskus menyerukan kepada dunia Kamis agar melawan pemanasan global yang menurutnya sedang mendorong Bumi ke arah keruntuhan lingkungan.

Paus mengeluarkan surat bersejarah kepada umat Katholik, yang disebut ensiklik, yang mendukung indikasi ilmiah bahwa perubahan iklim sebagian besar disebabkan kegiatan manusia. Ia mengatakan ini dapat menimbulkan kehancuran ekosistem dalam abad ini.

Ia menyerukan pengakhiran tata ekonomi yang tidak bernilai budaya, dimana negara-negara kaya mengeksploitasi yang miskin, yang membuat Bumi semakin kelihatan seperti timbunan sampah yang sangat besar.”

Paus mengatakan transformasi politik dan ekonomi secara besar-besaran dibutuhkan untuk segera menggantikan ketergantungan dunia pada bahan bakar fosil yang sangat kotor dan menyebabkan perubahan iklim. Ia mengatakan sumber daya dunia “sedang dirampas karena pendekatan yang sempit mengenai ekonomi, perdagangan, dan produksi.”

XS
SM
MD
LG