Tautan-tautan Akses

AS

Obama Bahas Laut China Selatan dengan ASEAN


Presiden AS Barack Obama menyampaikan pernyataan dalam pertemuan AS-ASEAN dalam KTT ASEAN di Kuala Lumpur, Malaysia (21/11). (Reuters/Jonathan Ernst)

Presiden AS Barack Obama menyampaikan pernyataan dalam pertemuan AS-ASEAN dalam KTT ASEAN di Kuala Lumpur, Malaysia (21/11). (Reuters/Jonathan Ernst)

Amerika Serikat dan ASEAN mendesak penyelesaian damai sengketa wilayah itu “tanpa menggunakan ancaman atau paksaan.”

Sepuluh kepala negara atau pemerintahan Asia Tenggara dan sembilan pemimpin dunia, termasuk Presiden AS Barack Obama, mengadakan pertemuan di Malaysia untuk membicarakan masalah perdagangan dan ekonomi.

Isu terorisme dan sengketa atas Laut China Selatan juga ada dalam agenda Konferensi Tingkat Tinggi Asosiasi Negara-negara Asia Tenggara (KTT ASEAN) tersebut.

Amerika Serikat dan negara-negara Asia Tenggara telah menekankan seruan akan kebebasan pelayaran dan penerbangan di Laut China Selatan yang disengketakan, dalam kecaman yang tersamar terhadap China.

China telah mendapat kecaman keras atas pengubahan karang menjadi pulau yang disengketakan dengan sikap agresif yang menimbulkan kecemasan di kawasan tersebut.

Setelah pertemuan AS-ASEAN dalam KTT tersebut di Kuala Lumpur, Malaysia, hari Sabtu (21/11), Amerika dan negara-negara ASEAN juga mendesak penyelesaian damai sengketa wilayah itu “tanpa menggunakan ancaman atau paksaan.”

Ini adalah bahasa yang biasa digunakan Washington dan para sekutunya terhadap sikap China yang semakin agresif di perairan yang disengketakan itu.

Namun, pernyataan bersama Amerika-ASEAN tidak menyebut China. [gp]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG