Tautan-tautan Akses

AS

Obama akan Tinjau New Jersey yang Dilanda Badai Sandy


Brian Hajeski, 41 tahun, warga Brick, New Jersey bereaksi melihat rumahnya yang porak poranda dihantam badai Sandy (30/10).

Brian Hajeski, 41 tahun, warga Brick, New Jersey bereaksi melihat rumahnya yang porak poranda dihantam badai Sandy (30/10).

Presiden Barack Obama hari ini, Rabu (31/10) akan meninjau negara bagian New Jersey yang porak poranda akibat badai Sandy yang melanda pantai Timur AS..

Obama dan Gubernur New Jersey Chris Christie – seorang anggota partai Demokrat dan seorang anggota partai Republik yang biasanya berselisih satu sama lain – diperkirakan akan meninjau kerusakan bersama dan mengucapkan terima kasih kepada para petugas darurat atas usaha-usaha mereka. Hari Selasa Christie memuji pemerintahan Obama atas apa yang disebutnya tanggapan yang luar biasa terhadap badai kuat Sandy.

Sejumlah besar Tim SAR dan para pekerja pemulihan aliran listrik saat ini tengah menghadapi reruntuhan akibat badai topan Sandy, yang telah menewaskan sedikitnya 45 orang di Amerika Utara. Badai itu menerjang pantai New Jersey Senin malam sebagai badai tropis yang kuat, menyebabkan banjir besar, kebakaran dan pemadaman listrik yang melumpuhkan daerah metropolitan New York.

Presiden Obama telah menyatakan bencana besar di New York dan New Jersey, yang membukakan dana federal yang bertujuan untuk membantu pemulihan kerusakan harta benda miliaran dolar di Pantai Timur Amerika.

Badai itu yang melanda Pantai Timur berhari-hari sebelum mencapai daratan telah menewaskan sekurangnya 48 orang di Amerika, sementara jutaan warga di pantai timur AS harus hidup tanpa listrik.

Walikota New York Michael Bloomberg mengatakan banyak terowongan kereta listrik bawah tanah di kota itu ditutup dan memperingatkan kota New York menghadapi tantangan pemulihan badai selama berhari-hari bahkan mungkin berminggu-minggu.

Perdagangan di Bursa Saham New York hari Selasa dibatalkan untuk hari kedua berturut-turut, merupakan yang pertama kali sejak tahun 1888 perdagangan ditangguhkan selama dua hari berturut-turut karena cuaca.

Di negara bagian New Jersey, kebocoran tanggul mungkin menyebabkan banjir di beberapa kota memaksa sekurangnya 800 orang dievakuasi. PLTN New Jersey juga mengumumkan peringatan setelah air naik ke tingkat ketinggian tertentu. Pejabat mengatakan tidak ada keprihatinan mengenai keamanan di PLTN itu yang ditutup untuk perbaikan.

Dalam sebuah konferensi pers, Gubernur New Jersey Chris Christie mengatakan tempat-tempat liburan yang populer di negara bagiannya paling parah terkena dampak badai itu.

Christie, seorang Republikan yang sebelumnya mengecam tajam Presiden Barack Obama memuji tanggapan Obama terhadap badai itu. Dalam wawancara program jaringan televisi NBC "Today" mengatakan presiden dan pejabat penanganan darurat federal melakukan pekerjaan yang sangat luar biasa.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG