Tautan-tautan Akses

Obama akan Kunjungi Indonesia November


Dalam pidato di hadapan Sidang Umum PBB hari ini, Presiden AS Barack Obama mengatakan akan melawat Indonesia menyusul kunjungannya ke India.

Presiden Barack Obama mengatakan dia akan ke Indonesia bulan November, memenuhi janji yang sudah tertunda dua kali untuk mengunjungi negara yang pernah menjadi tempat tinggalnya ketika kanak-kanak.

Dalam pidato di hadapan Sidang Umum PBB Kamis ini, Obama mengatakan dia akan melawat Indonesia menyusul kunjungan yang sudah dijadwalkan ke India.

Dalam perjalanan yang sama, Presiden Obama akan menghadiri KTT G-20 di Korea Selatan, dan forum Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik di Jepang.

Obama sudah lama merencanakan kunjungan ke negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia itu, yang tadinya dijadwalkan untuk bulan Mei dan kemudian bulan Juni tahun ini. Perjalanan itu tertunda, pertama karena tekanan untuk meloloskan legislasi layanan kesehatan di Kongres AS, dan kemudian karena adanya bencana tumpahan minyak di kawasan Teluk Meksiko.

Pemerintah Indonesia tidak pernah menyatakan keluhan atas dua kali penundaan kunjungan Obama itu. Namun, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengumumkan bahwa ia tidak akan menghadiri pertemuan antara Presiden Obama dan pemimpin ASEAN di New York yang akan dilakukan besok hari Jumat, 24 September.

Presiden SBY mengatakan bahwa ia sudah mempunyai beberapa kegiatan yang dijadwalkan sebelumnya, dan mengutus Wakil Presiden Boediono untuk menghadiri KTT ASEAN-AS tersebut.

XS
SM
MD
LG