Tautan-tautan Akses

Badan intelijen nasional Amerika NSA telah berhasil menyusup ke dalam jaringan perusahaan telkom dan internet China yang besar, Huawei, menurut laporan harian New York Times dan surat kabar Jerman Der Spiegel hari Sabtu.

Kata laporan itu, NSA berhasil mengakses arsip email Huawei, komunikasi antara pejabat-pejabat tinggi perusahaan, sejumlah dokumen intern, dan bahkan kode-kode rahasia sejumlah barang buatan Huawei.

Laporan itu ditulis berdasarkan dokumen yang dibocorkan oleh bekas kontraktor NSA Edward Snowden, yang sekarang tinggal di Rusia.

“Kami berhasil mengumpulkan demikian banyak data dan kami belum tahu bagaimana memanfaatkannya,” kata sebuah dokumen intern NSA yang dikutip Der Spiegel.

Pemerintah Amerika telah melarang Huawei ikut dalam berbagai proyek internet jalur lebar karena khawatir akan kegiatan dinas mata-mata China. Huawei yang berkantor di Shenzhen adalah salah satu pemasok peralatan jaringan besar di dunia dan penjual telpon pintar ketiga terbesar. Huawei adalah saingan besar perusahaan Cisco System yang berkantor di Amerika, tapi para pejabat Amerika mengatakan tidak melakukan kegiatan mata-mata industri untuk membantu perusahaan Amerika itu, seperti dituduhkan oleh Snowden.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG