Tautan-tautan Akses

Netanyahu: Terpilihnya Trump Tak Ubah 'Solusi 2 Negara'


Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu (foto: dok).

PM Israel Netanyahu mengatakan Minggu (4/12) bahwa posisinya pada solusi dua negara untuk dua bangsa Israel dan Palestina tidak berubah pasca terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden AS.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan dukungannya pada solusi dua negara dengan Palestina, masih tetap sama setelah kemenangan Donad Trump dalam pemilu Amerika.

Terpilihnya Trump telah mendorong kelompok garis keras Israel menyerukan kepada Netanyahu untuk meningkatkan pembangunan permukiman Israel, menganeksasi bagian-bagian wilayah Tepi Barat yang telah diduduki atau bahkan meninggalkan gagasan kemerdekaan Palestina.

Tetapi dalam wawancara melalui satelit dalam Saban Forum di Brookings Institution di Washington DC hari Minggu (4/12), Netanyahu mengatakan posisinya pada “solusi dua negara untuk dua bangsa tidak berubah."

Masyarakat internasional telah menyampaikan dukungan luas atas solusi dua negara. Trump belum menjabarkan kebijakannya di Timur Tengah.

Rakyat Palestina menuduh Netanyahu mengikis harapan terbentuknya dua negara dengan membangun permukiman-permukiman baru. Netanyahu mengatakan Palestina harus mengakui Israel sebagai tanah air kaum Yahudi. [em/ds]

XS
SM
MD
LG