Tautan-tautan Akses

Negara-negara Arab Tuntut PBB Cabut Panel di Pameran Israel


Anak-anak Israel bermain di air mancur di Menara Daud, kota tua Yerusalem (15/5). (EPA/Abir Sultan)

Anak-anak Israel bermain di air mancur di Menara Daud, kota tua Yerusalem (15/5). (EPA/Abir Sultan)

Juru bicara PBB Stephane Dujarric mengatakan, misi Israel, yang menyebut Yerusalem sebagai ibukota fisik dan spiritual bangsa Yahudi, telah mematuhi aturan eksibisi.

Negara-negara Arab dan Muslim menuntut PBB mencabut sebuah panel dari sebuah pameran Israel yang menyebut Yerusalem ‘ibukota fisik dan spiritual bangsa Yahudi’.

Sepucuk surat dari misi Palestina di PBB kepada Sekretaris Jenderal Ban Ki-moon hari Kamis (19/5) memuat protes negara-negara Arab bersama 57 negara anggota Organisasi Kerjasama Islam menegaskan ‘penolakan keras’ terhadap tulisan tersebut.

Palestina ingin menjadikan Yerusalem timur sebagai ibukota negara mereka di masa depan. Surat tadi mengatakan rujukan ‘yang menunjukkan penegasan kedaulatan Israel atas tanah itu dari sudut hukum, politik dan moral adalah tidak benar dan tidak dapat diterima’.

Juru bicara PBB Stephane Dujarric mengatakan, misi Israel telah mematuhi aturan eksibisi. Meski PBB berusaha memenuhi kehendak satu negara mengadakan eksbisi tanpa mengundang kemarahan satu negara lain ‘namun itu tidak selalu mudah’. [sp]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG