Tautan-tautan Akses

Pabrik Obat Mylan Luncurkan EpiPen Generik


EpiPen, obat alergi darurat produksi pabrik obat Mylan (foto: dok).

EpiPen, obat alergi darurat produksi pabrik obat Mylan (foto: dok).

Pabrik obat Mylan akan mulai menjual EpiPen versi yang lebih murah atau EpiPen generik.

Pabrik obat Mylan akan mulai menjual EpiPen versi yang lebih murah setelah menerima kritik tajam karena menaikkan harga obat alergi darurat itu hingga 608 dolar per dua paket, sehingga obat itu tidak terjangkau oleh banyak pasien.

Pabrik obat itu mengatakan dalam beberapa pekan lagi akan meluncurkan versi EpiPen generik yang identik dengan merk sebelumnya tetapi harganya hanya 300 dolar per dua paket. EpiPen generik ini akan tersedia dalam ukuran 0,15 miligram dan 0.30 miligram, seperti versi yang sudah ada di pasar saat ini.

EpiPen digunakan dalam keadaan darurat untuk mengobati alergi parah akibat gigitan serangga dan alergi makanan seperti kacang dan telur, yang bisa memicu ‘’anaphylactic shock’’ atau alergi sangat parah yang kerap menimbulkan reaksi yang mengancam nyawa karena tubuh menjadi sangat sensitif. Orang biasanya menyimpan EpiPen di rumah, sekolah atau kantor. Jarum suntik yang sebelumnya sudah diisi dengan hormon epinephrine itu akan habis masa penggunaannya setelah satu tahun.

Para konsumen dan politisi menuduh pabrik obat itu mengeruk keuntungan besar karena harga sepasang EpiPen itu naik berulangkali dari sekitar 94 dolar pada tahun 2007, ketika Mylan mengakuisisi produk tersebut.

CEO Mylan Heather Bresch membela kenaikan harga itu pekan lalu dengan mengatakan perusahaan itu hanya menerima 274 dolar dari harga paket itu, sementara perusahaan asuransi, apotik dan pihak-pihak lain mendapat sisanya.

Pekan lalu Mylan mengatakan telah memperluas program-programnya supaya orang bisa membeli EpiPen. Mylan juga melipatduakan

batasan kelayakan program bantuan bagi pasien, sehingga satu keluarga yang beranggotakan empat orang dan ber pendapatan hingga 97.200 dolar tidak perlu membayar apapun di luar asuransi mereka. Program itu juga memberi kartu bernilai 300 dolar atau naik 100 dolar dari penghematan saat ini.

Wakil perusahaan Mylan hari Senin (29/8) mengatakan kartu senilai 300 dolar itu hanya akan tersedia bagi versi merk non-generik, tetapi pasien-pasien bisa menggunakan program bantuan, bagi obat-obatan versi asli dan generik.

Berapa banyak orang membayar bagi resep EpiPen tergantung pada cakupan asuransi yang dimilikinya. [em/ii]

XS
SM
MD
LG