Tautan-tautan Akses

Musisi Jazz George Duke Tutup Usia


Pianis George Duke dalam salah satu penampilan di festival jazz Montreux, 2006. (Foto: Dok)

Pianis George Duke dalam salah satu penampilan di festival jazz Montreux, 2006. (Foto: Dok)

Musisi dan produser kenamaan George Duke, yang sudah sejak lama menderita kanker leukemia limfositik menghembuskan nafas terakhir di Los Angeles.

Dunia musik jazz Amerika kembali kehilangan salah satu icon jazz-fusion dan soul. Musisi dan produser kenamaan George Duke meninggal dunia Selasa pagi di St. John Hospital, Los Angeles, hanya dua minggu setelah dirilisnya album terakhir "Dream Weaver."

Dua minggu lalu George Duke dengan wajah sumringah merilis album terbarunya “Dream Weaver”, yang menggabungkan aliran fusion, funk, R&B dan soul. Album ini didedikasikannya pada istrinya, Corine, yang meninggal dunia akibat penyakit kanker tahun lalu.

Rasa kehilangan yang sangat besar membuat George Duke meninggalkan dunia musik selama beberapa bulan dan hanya merenungi kepergian Corine. Namun ia bangkit kembali dengan “Dream Weaver”, bahkan menyanyikan satu komposisi khusus “Missing You” bersama musisi Rachelle Ferrell.

Tak disangka hari ini musisi yang sudah malang melintang selama 40 tahun dalam dunia musik jazz Amerika itu, ikut menyusul istrinya. George Duke yang memang sudah sejak lama menderita kanker leukemia limfositik menghembuskan nafas terakhir di rumah sakit St. John, Los Angeles. Putranya Rasheed Duke menyampaikan kabar duka itu disertai ucapan terima kasih atas dukungan yang diberikan bagi ayahnya selama ini.
XS
SM
MD
LG