Tautan-tautan Akses

Miliband: Pemerintah Afghanistan Harus Berbuat Lebih Banyak untuk Capai Penyelesaian Politik


Menteri Luar Negeri Inggris David Miliband akan berpidato mengenai Afghanistan di Institut Teknologi Massachusetts, Rabu, 10 Maret 2010 waktu setempat.

Menteri Luar Negeri Inggris David Miliband akan berpidato mengenai Afghanistan di Institut Teknologi Massachusetts, Rabu, 10 Maret 2010 waktu setempat.

Menteri Luar Negeri Inggris akan menyampaikan hal tersebut dalam pidatonya di Institut Teknologi Massachusetts (MIT) di Cambridge.

Menteri Luar Negeri Inggris David Miliband mendesak pemerintah Afghanistan agar bekerja lebih keras untuk mencapai resolusi damai untuk konfliknya dengan pemberontak Taliban.

Miliband menyatakan demikian dalam pidato yang akan disampaikannya hari Rabu di Institut Teknologi Massachusetts (MIT) di Cambridge, Massachusetts, Amerika.

Dalam cuplikan yang dipublikasikan lebih dahulu, Miliband mengatakan pemerintah Afghanistan harus mengupayakan penyelesaian politik terhadap konflik tersebut dengan “ semangat dan tenaga sebesar” yang diupayakan oleh sekutu-sekutu internasionalnya dalam usaha-usaha militer dan sipil mereka di Afghanistan.

Miliband mengatakan penyelesaian tersebut harus mencakup pemberontak Afghanistan bersedia memutuskan hubungan secara permanen dengan Al-Qaida, menghentikan perjuangan bersenjata dan hidup dalam kerangka undang-undang dasar Afghanistan. Ia menambahkan, menyelesaikan konflik juga menghendaki keterlibatan semua tetangga Afghanistan.

Miliband lalu mengatakan usaha-usaha pasukan internasional tidak akan cukup untuk mengamankan Afghanistan. Menurutnya, hanya penyelesaian politik lah yang akan menghentikan perang yang telah berlangsung selama delapan tahun itu.

XS
SM
MD
LG