Tautan-tautan Akses

Mesir Tunjuk Menlu dan Mendagri Baru


Menteri Luar Negeri Mesir yang baru ditunjuk, Nabil Elaraby.

Menteri Luar Negeri Mesir yang baru ditunjuk, Nabil Elaraby.

Tiga hari setelah pengangkatan Essam Sharaf sebagai perdana menteri, dewan militer Mesir menunjuk menteri luar dan dalam negeri.

Kantor berita resmi Mesir melaporkan Nabil ElAraby, telah ditunjuk sebagai menteri luar negeri Mesir yang baru. ElAraby adalah bekas hakim pada Mahkamah Internasional.

Ia akan menggantikan Ahmed Abul Gheit, yang telah menjadi menteri luar negeri sejak tahun 2004 dan terus memegang jabatannya setelah tergulingnya Presiden Hosni Mubarak.

Penunjukan ElAraby terjadi tiga hari setelah militer Mesir yang mengambil alih kekuasaan sementara, menunjuk Essam Sharaf sebagai perdana menteri pemerintahan sementara. Sharaf adalah bekas menteri transportasi dalam kabinet Mubarak.

Sementara itu, Mansur el-Issawi diangkat menjadi menteri dalam negeri yang bertanggung jawab atas polisi keamanan dalam negeri, yang sangat dibenci oleh banyak orang Mesir karena aksi-aksi kekejaman yang dilakukannya di masa lalu.

Kata Mansur el-Issawi, ia akan mengambil semua langkah yang perlu untuk memulihkan kepercayaan publik pada polisi. Aktivis pro-demokrasi terus menuntut dikeluarkannya bekas-bekas mitra Mubarak dari pemerintahan sementara.

XS
SM
MD
LG