Tautan-tautan Akses

Mesir Sambut Hangat Kunjungan Pejabat Tinggi Rusia


Menlu Mesir Nabil Fahmy (kanan) menerima delegasi Rusia yang dipimpin Menlu Sergei Lavrov di Kairo hari Kamis (14/11).

Menlu Mesir Nabil Fahmy (kanan) menerima delegasi Rusia yang dipimpin Menlu Sergei Lavrov di Kairo hari Kamis (14/11).

Para pemimpin Mesir memberi sambutan hangat kepada delegasi Rusia yang dipimpin Menlu Sergei Lavrov dan Menhan Sergei Shoigu dalam kunjungan di Kairo hari Kamis (15/11).

Para pemimpin Mesir memberi sambutan hangat kepada para pejabat tinggi Rusia yang berada di Kairo hari Kamis (15/11) untuk mengadakan pembicaraan mengenai apa yang digambarkan diplomat tertinggi Moskow sebagai “kerjasama militer.”

Rincian pembicaraan itu tidak diungkapkan.Tetapi, Menteri Luar negeri Rusia Sergei Lavrov kemudian mengatakan kepada wartawan mereka memusatkan perhatian pada kerjasama militer dan teknis – bahasa halus yang sering digunakan Rusia untuk penjualan senjata militer.

Kunjungan Lavrov dan Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu diadakan pada saat Mesir menghadapi perselisihan diplomatik dengan sekutu lamanya Amerika Serikat menyangkut penggulingan oleh militer Presiden Islamis Mohamed Morsi bulan Juli.

Dalam menanggapi penggulingan Morsi, pemerintahan Obama menghentikan pengiriman helikopter Apache dan pesawat tempur F-15 kepada pemerintah sementara di Kairo. Tindakan tersebut digambarkan oleh para pejabat Amerika bulan lalu sebagai usaha mendorong “kemajuan yang sungguh-sungguh” menuju pemilu bebas Mesir dan pemerintah sipil yang demokratis.

Pertemuan di Kairo hari Kamis diduga kontak pertahanan tingkat paling tinggi yang pertama antara Moskow dan Kairo sejak tahun 1970-an. Pada bulan Juli tahun 1972 pemerintah Mesir mengusir para penasehat militer Uni Soviet dan kemudian menanda-tangani perjanjian perdamaian bersejarah tahun 1979 dengan Israel.
XS
SM
MD
LG