Tautan-tautan Akses

AS

Menlu Kerry Undang Kekaguman Karena Kemampuan Bahasanya


Menteri Luar Negeri AS John Kerry (kiri) bertemu dengan Menteri Luar Negeri Perancis Laurent Fabius di Paris (27/2). (AP/Jacquelyn Martin)

Menteri Luar Negeri AS John Kerry (kiri) bertemu dengan Menteri Luar Negeri Perancis Laurent Fabius di Paris (27/2). (AP/Jacquelyn Martin)

Menteri Luar Negeri AS John Kerry mengundang kekaguman di Eropa karena kemampuannya yang baik dalam berbicara bahasa-bahasa lokal.

Dalam lawatannya ke dua kota besar di Eropa barat, Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry membuat orang terpukau dengan pengetahuannya mengenai bahasa-bahasa lokal dan kemampuannya berbicara dalam bahasa Jerman dan Perancis.

Kerry, yang lancar multibahasa, memuji sepatu seorang pemandu acara televisi dalam bahasa Jerman yang cukup baik, Selasa (26/2) dalam pertemuan dengan kaum muda di Berlin.

Sehari kemudian di Paris, ia mendapat anggukan positif dari para wartawan dan diplomat ketika mengawali jumpa pers dalam bahasa Perancis yang lancar, dan memuji hidangan makan siangnya serta hubungan antara Amerika dan Perancis.

Ia kemudian membuat orang tertawa setelah mengatakan ia akan melanjutkan dengan berbahasa Inggris karena “kalau tidak, saya tidak diizinkan pulang.”

Kemampuan bahasa Perancis Kerry dianggap sebagai hal yang elitis oleh Partai Republik semasa kampanye kepresidenannya yang gagal pada 2004.
XS
SM
MD
LG