Tautan-tautan Akses

AS

Menlu AS: Snowden Harus Berani Pikul Tanggung Jawab


Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry (Foto: dok).

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry (Foto: dok).

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry mengatakan bahwa Edward Snowden telah mengkhianati negaranya dan telah merusak negaranya secara signifikan.

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry mengatakan pembocor informasi intelijen yang buron, Edward Snowden, harus berani bertanggungjawab dan kembali ke Amerika untuk menghadapi tuduhan spionase.

Diplomat tertinggi Amerika itu meremehkan mantan kontraktor keamanan nasional Amerika itu, dengan mengatakan bahwa Snowden yang berusia 30 tahun sebagai orang yang mengkhianati negaranya dan telah merusak negaranya secara signifikan.

Snowden mendapat suaka di Rusia, satu tahun setelah membocorkan serangkaian dokumen Badan Keamanan Nasional (NSA) ke wartawan yang menggambarkan operasi rahasia mata-mata Amerika di berbagai penjuru dunia.

Dalam sebuah wawancara televisi, Snowden mengatakan kepada penyiar berita NBC Brian Williams bahwa ia tidak bermaksud untuk pergi mencari suaka ke Rusia, namun terpaksa tinggal di sana karena Amerika mencabut paspornya setelah ia melarikan diri ke Hong Kong dan kemudian ke Moskow.

Kerry menyebut jawaban Snowden sangat bodoh dan mengatakan, jika Snowden ingin pulang ke Amerika, ia akan mendapatkan penerbangan hari ini juga. Kerry mengatakan Snowden harus berani bertanggungjawab dan mengajukan kasusnya ke rakyat Amerika.

Dalam wawancara itu, Snowden mengatakan, ia terlatih sebagai mata-mata dan pernah bekerja secara rahasia di luar negeri untuk masyarakat intelijen Amerika.

Snowden membantah para pengeritik yang menyebutnya sebagai analis tingkat rendah. Snowden mengatakan ia berpura-pura melakukan pekerjaan yang bukan pekerjaannya dan bahkan diberi nama yang bukan namanya. Petikan-petikan wawancara dengan Snowden ini dirilis Selasa (27/5) kemarin.
XS
SM
MD
LG