Tautan-tautan Akses

Menlu AS, Menlu Iran Lanjutkan Pembicaraan Nuklir


Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry (kiri) dan Menteri Luar Negeri Iran Javad Zarif saat bertemu di Jenewa, Swiss, 14 Januari 2015 (Foto: dok).

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry (kiri) dan Menteri Luar Negeri Iran Javad Zarif saat bertemu di Jenewa, Swiss, 14 Januari 2015 (Foto: dok).

Iran dan satu kelompok yang terdiri dari Amerika, Inggris, China, Perancis, Rusia dan Jerman, sedang berupaya mencapai suatu perjanjian kerangka kerja sebelum 24 Maret, untuk menyelesaikan masalah mengenai aktivitas nuklir Iran.

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry dan Menteri Luar Negeri Iran Javad Zarif akan bertemu di Munich hari Jumat (6/2) untuk membahas perundingan mengenai program nuklir Iran.

Pembicaraan yang akan dilakukan di sela-sela sebuah konferensi keamanan itu menyusul dua pertemuan yang diadakan para diplomat mengenai topik itu bulan lalu.

Iran dan satu kelompok yang terdiri dari Amerika, Inggris, China, Perancis, Rusia dan Jerman, sedang berupaya mencapai suatu perjanjian kerangka kerja sebelum 24 Maret, sebagai bagian dari upaya bertahun-tahun untuk menyelesaikan masalah mengenai aktivitas nuklir Iran. Mereka menetapkan tenggat 1 Juli untuk menyetujui suatu perjanjian akhir.

Kelompok yang disebut P5+1 itu menginginkan Iran mengurangi kegiatan nuklirnya dan memastikan negara itu tidak membuat senjata nuklir. Iran telah bersikukuh bahwa program nuklirnya bertujuan damai, dan menginginkan pencabutan sanksi-sanksi yang telah merugikan perekonomiannya.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG