Tautan-tautan Akses

Menhan Laos Tewas dalam Kecelakaan Pesawat Militer


Seorang petugas tengah memeriksa pesawat militer yang jatuh dekat desa Nadee, provinsi Xiang Khouang, Laos utara (17/4).

Seorang petugas tengah memeriksa pesawat militer yang jatuh dekat desa Nadee, provinsi Xiang Khouang, Laos utara (17/4).

Wakil Perdana Menteri merangkap Menteri Pertahanan Laos Mayor Jenderal Douangchit Phicith dan walikota Vientianne termasuk di antara penumpang pesawat yang jatuh.

Para pejabat mengatakan sebuah pesawat militer Laos yang mengangkut sekitar 20 orang, termasuk sejumlah pejabat tinggi, jatuh Sabtu pagi (17/5) di bagian utara negara itu.

Wakil Perdana Menteri Laos Mayor Jendral Douangchay Phichit, yang juga menteri pertahanan, dipastikan tewas dalam kecelakaan itu.

Koresponden VOA di kota Vientiane mengatakan walikota ibukota Laos itu, Soukanh Maharath, juga termasuk korban tewas dalam kecelakaan di provinsi Xiengkhouang itu.

Sejumlah laporan mengatakan setidaknya tiga orang selamat, tetapi hanya sedikit rincian yang diberikan. Penyebab kecelakaan belum diketahui.

Para pejabat mengatakan pesawat itu – jenis Antonov yang dikatakan baru digunakan beberapa tahun – mengangkut orang-orang itu ke kawasan arkeologi Plain of Jars untuk acara peringatan kemenangan pasukan komunis melawan militer kerajaan Laos hampir 40 tahun lalu.

Plain of Jars – lokasi ratusan guci batu berukuran besar yang merupakan sisa zaman megalitikum – dibom hebat oleh Amerika dan pasukan negara-negara lain semasa perang yang berakhir dengan jatuhnya kerajaan Laos. Negara kecil Indocina itu menjadi negara komunis pada 1975, bersamaan ketika komunis menguasai Vietnam.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG