Tautan-tautan Akses

Mantan Perdana Menteri Selandia Baru Bersaing untuk Posisi Puncak PBB


Helen Clark, PM Selandia Baru dan pejabat PBB dalam sebuah wawancara di New York (4/4).

Helen Clark, PM Selandia Baru dan pejabat PBB dalam sebuah wawancara di New York (4/4).

Mantan Perdana Menteri Selandia Baru Helen Clark ikut bersaing untuk menggantikan Ban Ki-moon sebagai Sekretaris Jenderal PBB.

Pemerintah Selandia Baru secara resmi menyampaikan nama Clark kepada badan dunia itu hari Senin. Perdana menteri yang kini menjabat, John Key, memuji pendahulunya itu sebagai pemimpin yang telah terbukti kemampuannya dengan “perpaduan yang tepat antara keterampilan dan pengalaman untuk jabatan itu” dalam konferensi pers di Wellington ketika mengumumkan nominasinya.

Helen Clark, 66 tahun, menjabat sebagai Perdana Menteri Selandia Baru dari tahun 1999 sampai 2008, ketika partainya, Partai Buruh, dikalahkan dalam pemilihan parlemen oleh Partai Nasional, partai pimpinan John Key yang berhaluan kanan-tengah.

Ia telah memimpin Program Pembangunan PBB (UNDP) sejak April 2009. Dalam serangkaian wawancara, Clark telah berjanji untuk mereformasi PBB yang kini telah berusia 70 tahun itu supaya dapat kembali fokus pada upaya penanggulangan perang saudara dan ekstremisme dengan kekerasan. [lt]

XS
SM
MD
LG