Tautan-tautan Akses

AS

Mahkamah Agung AS akan Umumkan Nasib UU Perawatan Kesehatan Obama


Gedung Mahkamah Agung Amerika Serikat di Washington DC (Foto: dok).

Gedung Mahkamah Agung Amerika Serikat di Washington DC (Foto: dok).

Mahkamah Agung Amerika akan mengeluarkan keputusan terkait gagasan reformasi perawatan kesehatan Presiden Obama, Obamacare, hari ini (25/6).

Pekan ini banyak orang yang menunggu keputusan Mahkamah Agung Amerika mengenai tantangan terhadap gagasan reformasi perawatan kesehatan Presiden Barack Obama.

Keputusan Mahkamah Agung diperkirakan akan dikeluarkan Senin ini (25/6), bersamaan dengan dua tahun ditandatanganinya rancangan undang-undang ini oleh Presiden Obama. Undang-undang ini mengharuskan asuransi kesehatan bagi 32 juta orang lagi warga Amerika dan melarang penolakan asuransi bagi pasien berdasarkan penyakit pasien sebelum memperoleh asuransi.

Yang menjadi pokok Undang-Undang Perawatan Yang Murah dan Perlindungan Pasien, yang disebut “Obamacare” oleh para pengeritiknya adalah keharusan yang dikenakan terhadap perorangan. Undang-undang itu mengharuskan setiap warga Amerika memiliki asuransi kesehatan, mulai tahun 2014, kalau tidak, akan dikenakan denda.

Para penentangnya mengemukakan argumentasi bahwa Kongres melampaui wewenangnya berdasarkan undang-undang dasar dalam mengharuskan setiap orang membeli asuransi. Pemerintahan Obama mengemukakan argumentasi bahwa tindakan itu sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

Ke-9 hakim Mahkamah Agung telah mendengarkan enam jam argumentasi lisan bulan Maret, waktu yang paling banyak diberikan untuk memperdebatkan satu hal di hadapan Mahkamah Agung dalam waktu lebih 45 tahun.
XS
SM
MD
LG