Tautan-tautan Akses

Balapan Kereta Luncur dengan Anjing Dimulai di Alaska yang Bersalju


Brennan Norden (nomor 42), salah satu peserta balapan Iditarod di jalanan Anchorage, Alaska.

Brennan Norden (nomor 42), salah satu peserta balapan Iditarod di jalanan Anchorage, Alaska.

Peserta akan berpacu selama 17 hari menempuh medan yang diterjang angin, sungai beku, hutan tundra dan kawasan pantai yang ditiup angin.

Perlombaan tahunan terpanjang di dunia kereta luncur yang dihela anjing dengan resmi telah dimulai di jalan-jalan yang ditutup salju di Anchorage, ibukota Alaska, Sabtu. Pada awal perlombaan masa menyaksikan sambil bertepuk-tangan bagi para pengendara yang disebut "Musher." Perlombaan yang berjarak 1850 kilometer dari Anchorage ke Nome di Alaska pantai barat dan dikenal dengan nama balapan Iditarod.

Seorang pengendara bersama tim ajing penghela kereta luncurnya bisa memerlukan waktu sampai 17 hari untuk menyelesaikan perlombaan menempuh medan yang diterjang angin, sungai beku, hutan tundra dan kawasan pantai yang ditiup angin.

Perlombaan tahun lalu dimenangkan Lance Mackey dalam waktu sedikit kurang dari sembilan hari. Mackey menjadi peserta pertama yang memenangi Iditarod empat kali berturut-turut. Berharap dapat menjuarai perlombaan tahun ini, ia mengatakan keyakinan dan kesanggupan tim anjing penghelanya untuk menjuarai perlombaan.

Iditarod sudah menjadi tradisi di Alaska, sejak daerah ini masih belum menjadi negara bagian Amerika. Ketika itu, kereta-luncur yang dihela anjing dipergunakan mengangkut barang perbekalan ke kamp-kamp pertambangan yang letaknya terkucil.

XS
SM
MD
LG