Tautan-tautan Akses

Presiden Obama dipeluk oleh seorang pendukungnya saat ia mengunjungi sebuah TPS di Chicago, Selasa pagi (6/11).
Presiden Obama dipeluk oleh seorang pendukungnya saat ia mengunjungi sebuah TPS di Chicago, Selasa pagi (6/11).

Live Blog: Malam Penghitungan Suara Pilpres AS

Malam puncak pemilu AS telah tiba. Reporter VOA Ade Astuti melaporkan dari markas kubu Presiden Obama di Chicago dan Retno Lestari dari markas Mitt Romney di Boston.

Presiden Obama tampil menyampaikan pidatonya lewat dari tengah malam waktu setempat. Para pendukung dan relawannya menyambut dengan seruan "four more years, four more years." Tampil bersama ibu negara Michelle Obama, dan kedua putrinya, Sasha dan Malia, Obama pertama-tama mengucapkan terima kasihnya kepada warga Amerika atas kesempatan yang diberikan kepadanya untuk memimpin selama empat tahun lagi. "The best is yet to come," demikian ucap Obama, sekali lagi menekankan bahwa perubahan yang ia janjikan masih akan memakan waktu agar bisa terwujud.

Kegembiraan terpancar dari para pendukung yang berada di markas Obama untuk malam ini di Chicago. Tapi bila dibandingkan dengan empat tahun lalu, atmosfirnya jauh berbeda. Pada pemilu 2008, sekitar 200.000 warga berkumpul di Grant Park dan dengan gegap gempita menyambut kemenangan Presiden Obama sebagai presiden Amerika pertama yang adalah keturunan Afrika. Tahun ini, jumlah yang berkumpul di dalam gedung McCormick Place jauh lebih sedikit. Walaupun begitu, tak pelak lagi mood perayaan tetap terasa di tempat ini.


Empat tahun lalu saya berada di Chicago ini untuk melaporkan terpilihnya Obama sebagai presiden Amerika ke-44 dan kini sejarah kembali berulang bagi Obama.

Obama menang di negara-negara bagian kunci yang diperebutkan secara sengit, yaitu Ohio, Wisconsin, Iowa dan Pennsylvania. Di luar itu, tidak ada kejutan, dengan Romney memenangkan negara-negara bagian basis partai Republik dan Obama sebaliknya.

Adapun hasil final perolehan suara masih harus ditunggu, karena TPS di negara bagian Alaska misalnya, masih hingga sekarang masih dibuka.

Sekarang para pendukungnya di sini menunggu kemunculan the man of the hour Presiden Obama utk tampil memberikan pidatonya. Namun bagaimanapun jalan ke depan bagi Obama tidak mudah. Banyak permasalahan penting yang harus ia hadapi segera, seperti masalah perekonomian, lapangan kerja, jurang fiskal dsb. Ini terutama tidak mudah dengan lembaga legislatif didominasi oleh partai lawan, partai Republik.

Tunjukkan lebih banyak

XS
SM
MD
LG