Tautan-tautan Akses

AS

Ledakan di Pabrik Pupuk Texas, Sedikitnya 100 Orang Luka-Luka


Gambar video dari stasiun KWTX-TV menunjukkan korban yang terluka dalam ledakan pupuk di West, Texas (17/4), dibawa menuju ambulans.

Gambar video dari stasiun KWTX-TV menunjukkan korban yang terluka dalam ledakan pupuk di West, Texas (17/4), dibawa menuju ambulans.

Ledakan di sebuah pabrik pupuk di negara bagian Texas telah menyebabkan sedikitnya 100 orang luka-luka dan merusak beberapa gedung di dekatnya.

Pabrik pupuk tersebut terletak di sebuah kota kecil West, yang terletak di dekat kota Waco. Pihak berwenang mengatakan ledakan Rabu malam (17/4) itu begitu dahsyat sehingga banyak gedung runtuh dan beberapa lainnya terbakar. Penyebab ledakan itu masih belum diketahui.

Meski pihak berwenang memerlukan waktu untuk mengetahui jumlah korban, juru bicara Departemen Keselamatan Publik Texas D.L. Wilson mengatakan bahwa sejumlah orang tewas, banyak warga cedera akibat insiden itu dan 50-75 rumah dekat pabrik itu hancur. Termasuk gedung yang rusak adalah kompleks perumahan, sekolah dasar dan rumah jompo.

Berbagai media berita mengatakan bahwa sedikitnya tiga orang tewas, tetapi pihak berwenang tidak memberikan kepastian mengenai jumlah korban. Seorang pejabat departemen kepolisian Waco mengatakan beberapa petugas pemadam kebakaran hilang.

Wilayah kota kecil West di Texas, lokasi terjadinya ledakan pabrik pupuk, Rabu malam (17/4). (Foto: peta wilayah West, Texas).

Wilayah kota kecil West di Texas, lokasi terjadinya ledakan pabrik pupuk, Rabu malam (17/4). (Foto: peta wilayah West, Texas).

Banyak penduduk di komunitas itu dievakuasi, termasuk sebuah rumah jompo dengan lebih 100 penghuni. Para petugas penanganan keadaan darurat masih melakukan pencarian dari-rumah-ke-rumah di daerah ledakan untuk menemukan orang yang kemungkinan masih terkurung. Pihak berwenang tidak mengatakan bagaimana kebakaran pertama mulai terjadi di pabrik itu.

Gubernur Texas Rick Perry mengatakan sumber-sumber daya negara bagian telah dimobilisasi untuk memberikan bantuan kepada pihak berwenang lokal. Para petugas penanganan keadaan darurat dari puluhan kota dan kabupaten dekat tempat kejadian pergi ke West untuk membantu usaha penanggulangan.

Petugas pemadam kebakaran mengatakan api berhasil dikendalikan pada pukul 11 malam namun warga diperingatkan untuk tetap ada di dalam rumah karena ancaman ledakan baru atau kebocoran amonia dari reruntuhan pabrik. Sebuah lapangan sepakbola sekolah menengah setempat dijadikan daerah darurat untuk merawat para korban.

Seorang anggota dewan kota menggambarkan kerusakan tersebut seperti kehancuran yang diakibatkan oleh ledakan bom pada 1995 yang menghancurkan Gedung Federal Murrah di Oklahoma City.

Direktur sebuah rumah sakit lokal mengatakan kepada CNN lebih dari 100 orang dilarikan ke rumah sakit akibat luka-luka serius – termasuk cedera tulang dan luka akibat ledakan. (AP, berbagai sumber)

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG