Tautan-tautan Akses

Lagu Beatles Akan Masuk Kurikulum Ujian Sekolah di Inggris


Sampul album The Beatles, “Sgt. Pepper’s Lonely Hearts Club Band”, yang telah ditandatangani.

Sampul album The Beatles, “Sgt. Pepper’s Lonely Hearts Club Band”, yang telah ditandatangani.

Dewan ujian sekolah di Inggris berencana memasukkan tiga lagu dari Sgt. Pepper ke dalam kurikulum musik mulai September 2016.

Apakah lagu The Beatles yang berjudul "Lucy in the Sky with Diamonds" lagu kebangsaan pemakaian narkoba atau sebuah penghormatan yang menyentuh atas imajinasi anak-anak?

Pertanyaan tersebut, yang telah menjadi perdebatan di antara para penggemar Beatles sejak lagu itu muncul dalam album tahun 1967 "Sgt. Pepper's Lonely Hearts Club Band", dapat segera menjadi bagian dari kurikulum ujian sekolah untuk remaja Inggris.

Dewan ujian AQA, yang membuat dan menilai sekitar setengah dari ujian sertifikat kelulusan SMA (GCSE) di Inggris, berencana memasukkan tiga lagu dari Sgt. Pepper ke dalam kurikulum musik mulai September 2016.

"Musik pop dimulai di negara ini dengan The Beatles pada tahun 1960an, jadi tidak ada band yang lebih baik untuk menjadi acuan pelajaran musik kontemporer dibandingkan the Fab Four (sebutan Beatles)," ujar Seb Ross, kepala departemen musik AQA.

Masuknya lagu-lagu dari Sgt. Pepper ke dalam kurikulum musik GCSE dari dewan tersebut menempatkan The Beatles sejajar dengan komponis-komponis klasik seperti Joseph Haydn dan Aaron Copland, selain gitaris berpengaruh Carlos Santana, yang karyanya juga ditampilkan.

AQA mengatakan murik-murid akan diminta untuk melihat melodi, harmoni, struktur, irama dan arti dari tiga lagu dari album Beatles tersebut, yang mempengaruhi bergenerasi-generasi musisi dan mengubah teknik-teknik rekaman.

"Lucy in the Sky with Diamonds" telah lama menjadi subyek perdebatan antara mereka yang mengatakan huruf-huruf depan judul lagu tersebut mengacu pada narkoba LSD dan yang lainnya yang menerima penjelasan yang lebih polos dari John Lennon.

Lennon selalu mengatakan bahwa lagu itu diinspirasikan dari gambar putranya yang berusia lima tahun, Julian, mengenai teman sekolahnya yang bernama Lucy.

Dua lagu lain yang akan dimasukkan adalah "Within You, Without You" dan "With a Little Help from My Friends".

XS
SM
MD
LG