Tautan-tautan Akses

KTT Regional Asia Kecam Serangan Israel


Seluruh wakil 21 negara, kecuali Israel, menentang serangan maut atas kapal bantuan Gaza, pada KTT regional di Istanbul.

Presiden Turki Abdullah Gul mengatakan semua anggota dari KTT regional, kecuali Israel, telah mengecam serangan komando Israel yang mematikan minggu lalu terhadap sebuah konvoi kapal yang mengangkut bantuan untuk Gaza.

Gul mengatakan para wakil dari 21 negara yang bertemu pada KTT regional Asia di Istanbul berbicara menentang tindakan Israel. Sembilan orang, termasuk delapan warganegara Turki, tewas dalam insiden di Laut Mediterania tersebut.

Israel, negara ke-22 di KTT Istanbul itu, memblokir sebuah deklarasi bersama yang mengecam operasi militer terhadap konvoi bantuan itu.

Pemimpin Israel mengatakan pasukannya terlibat dalam serangan dini hari minggu lalu mempergunakan kekuatan mematikan hanya setelah menghadapi perlawanan dari orang-orang di atas kapal. Israel mengatakan bahwa lima dari sembilan orang yang tewas, memiliki kaitan dengan kelompok ekstremis termasuk Hamas dan Al-Qaida.

XS
SM
MD
LG