Tautan-tautan Akses

AS

Krisis Air Minum di Kota Flint, Michigan Jadi Isu Politik


Staff Sgt. William Phillips, bersama Garda Nasional Michigan, membantu seorang warga di pusat distribusi air, Rabu, 13 Januari 2016, di Flint, Michigan.

Staff Sgt. William Phillips, bersama Garda Nasional Michigan, membantu seorang warga di pusat distribusi air, Rabu, 13 Januari 2016, di Flint, Michigan.

Gubernur Michigan menangkis serangan terbaru dari para politisi dan selebriti yang menuduhnya terlalu lama mengabaikan masalah air di kota Flint.

Sekitar 70 personil Garda Nasional telah dikirim ke Flint untuk membantu membagi-bagikan minuman botol, alat penyaring air dan perangkat penguji air kepada sekitar 100 ribu warga yang tidak bisa menggunakan air ledeng mereka.

Warga kota Flint telah sejak lama mengeluhkan tentang bau aneh dan warna air yang kotor keluar dari keran mereka, tetapi selama satu tahun ini pemerintah negara bagian tidak melakukan apapun. Anak-anak setempat menunjukkan tingkat timbal yang tinggi dalam darah mereka, yang berarti mereka beresiko menderita kerusakan otak permanen.

Gubernur Rick Snyder dikecam keras karena dinilai terlalu lamban menindaklanjuti peringatan yang disampaikan warga. Kandidat calon presiden Partai Demokrat Hillary Clinton adalah salah satu yang bersuara paling keras.

"Jika anak-anak di kawasan pinggiran kota yang kaya di Detroit itu minum dan mandi dengan air yang tercemar, pasti sudah diambil tindakan. Saya sudah mengirim tim kampanye kesana untuk bicara dengan Walikota Flint, guna mengetahui jika ada hal yang bisa saya lakukan," kata Clinton.

Presiden Barack Obama hari Sabtu (16/1) menyatakan kondisi darurat di Flint dan mengalokasikan anggaran federal sebesar lima juta dolar untuk membantu menyelesaikan krisis kesehatan masyarakat, tetapi menolak permintaan gubernur untuk menyatakan kondisi bencana di kota itu.

Dalam kunjungan ke kota Flint hari Minggu (17/1), aktivis hak sipil Jesse Jackson menyerukan warga kota itu untuk memperjuangkan hak-hak mereka.

"Ini wilayah bencana, bukan sekedar darurat. Mungkin di sekeliling kota ini harus dipasang ‘garis polisi’ karena kota Flint telah menjadi lokasi kejahatan," kata Jackson.

Sutradara film Michael Moore yang berasal dari Flint juga menyalahkan gubernur karena krisis air ini dan menghimbau Presiden Obama untuk berkunjung ke sana. "Infrastruktur kota ini sudah dihancurkan oleh gubernur negara bagian itu," ujarnya.

Sistem pasokan air di kota Flint terkontaminasi timbal pada awal tahun 2014 setelah kota itu mengubah sumber pasokan air dari Danau Huron ke Sungai Flint untuk menghemat anggaran, sambil menunggu pembangunan jalur pipa baru ke danau itu. Tetapi air korosif meluluhkan timbal dari pipa-pipa lama.

Sumber pasokan air telah dipindah kembali ke Danau Huron bulan lalu, tetapi kontaminasi masih menjadi keprihatinan karena pipa-pipa dan infrastruktur lain yang rusak.

Penyelidikan juga sedang dilakukan terhadap beberapa pejabat negara bagian Michigan. [em/jm]

XS
SM
MD
LG