Tautan-tautan Akses

Korut akan Hukum Pelaku Penembakan di Perbatasan


Tiongkok menyatakan Korut berjanji akan menghukum berat para pengawal perbatasannya yang menewaskan tiga warga Tiongkok.

Tiongkok menyatakan Korea Utara telah berjanji akan menghukum berat para pengawal perbatasan yang bertanggungjawab dalam penembakan yang menewaskan tiga warga Tiongkok dan melukai satu orang lainnya di perbatasan kedua negara minggu lalu.

Media pemerintah Tiongkok hari Kamis menyatakan Pyongyang telah memberitahu Beijing bahwa penembakan pada tanggal 4 Juni di kota Dandong itu tidak disengaja. Menurut Kementerian Luar Negeri Tiongkok, pengawal perbatasan Korea Utara menyangka ke-4 warga Tiongkok itu adalah penyelundup.

Menurut Tiongkok, Korea Utara menyampaikan bela sungkawa atas kematian tiga warga Tiongkok itu dan berjanji akan mencegah agar kejadian serupa tidak terulang. Sebelumnya, Beijing mengajukan keluhan resmi kepada Pyongyang mengenai insiden itu. Tiongkok adalah satu-satunya sekutu kuat dalam bidang politik dan ekonomi bagi negara komunis yang miskin itu.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Qin Gang mengatakan pihak berwenang dari kedua negara telah menyelidiki insiden itu.

XS
SM
MD
LG