Tautan-tautan Akses

Korea Utara dan Selatan Sepakati Reuni Keluarga Bulan Ini


Foto reuni keluarga dari Korea Utara dan Selatan pada 2010 dipajang di kantor pusat Palang Merah Korea di Seoul, Korea Selatan (7/1). (AP/Ahn Young-joon)

Foto reuni keluarga dari Korea Utara dan Selatan pada 2010 dipajang di kantor pusat Palang Merah Korea di Seoul, Korea Selatan (7/1). (AP/Ahn Young-joon)

Kementerian Unifikasi Korea Selatan mengatakan reuni itu akan diadakan pada 20-25 Februari di tempat peristirahatan Gunung Kumgang di pantai timur Korea Utara.

Korea Utara dan Selatan telah sepakat untuk melanjutkan reuni keluarga yang terpisah oleh Perang Korea pada 1950an.

Kementerian Unifikasi Korea Selatan mengatakan persetujuan itu dicapai Rabu (5/2) dalam pertemuan di desa perbatasan Panmunjom.

Kementerian itu mengatakan reuni itu akan diadakan pada 20-25 Februari di tempat peristirahatan Gunung Kumgang di pantai timur Korea Utara.

Sejak program itu mulai pada 2000, lebih dari 18 ribu warga Korea telah bertemu untuk sementara. Pertemuan seperti itu belum diadakan lagi sejak 2010.

Kedua pihak juga setuju tahun lalu melanjutkan reuni, tetapi Pyongyang membatalkannya pada saat terakhir, dengan alasan apa yang dikatakannya permusuhan oleh Seoul.

Banyak pihak mengkhawatirkan latihan militer Amerika-Korea Selatan dalam waktu dekat dapat memberi alasan lagi bagi Pyongyang untuk membatalkannya.

Korea Utara menganggap latihan militer bersama tahunan itu sebagai persiapan untuk menyerbu, dan memperingatkan Washington dan Seoul agar membatalkannya.

Amerika dan Korea Selatan mengatakan latihan itu, yang akan dimulai bulan ini, bersifat pertahanan, dan akan berjalan sesuai dengan rencana.
XS
SM
MD
LG