Tautan-tautan Akses

Korban Topan Haiyan di Filipina Lampaui 6.000 Jiwa


Para penyintas topan Haiyan berdiri di antara pohon-pohon yang roboh di Tacloban, Filipina, 8 Desember 2013 (Foto: dok).

Para penyintas topan Haiyan berdiri di antara pohon-pohon yang roboh di Tacloban, Filipina, 8 Desember 2013 (Foto: dok).

Badan penanggulangan bencana pemerintah Filipina mengatakan 6.009 orang telah dipastikan tewas akibat topan Haiyan sementara 1.779 lainnya masih belum diketahui nasibnya, Jumat (13/12).

Para pejabat mengatakan jumlah yang meninggal akibat Topan Haiyan yang melanda Filipina tengah tanggal 8 November telah melampaui 6 ribu dan hampir 1800 orang dinyatakan hilang.

Badan penanggulangan bencana pemerintah mengatakan hari Jumat bahwa 6.009 orang telah dipastikan tewas sementara 1.779 lainnya masih belum diketahui nasibnya.

Topan tersebut adalah bencana alam yang paling banyak menjatuhkan korban di Filipina.

Mayor Reynaldo Balido, juru bicara Dewan Pengelolaan dan Pengurangan Risiko Bencana Nasional, mengatakan sedikitnya 20 mayat ditemukan setiap hari di bawah puing-puing di kota Tacloban yang dilanda paling parah. Sejumlah 27 mayat yang ditemukan semalam ditambahkan ke angka resmi jumlah korban jiwa yang dilaporkan tersebut.

Rumah-rumah lebih dari 16 juta orang diratakan topan atau rusak, dan para pejabat mengatakan pembangunan kembali akan memakan waktu paling sedikit tiga tahun.
XS
SM
MD
LG