Tautan-tautan Akses

Korban Jiwa Gempa Pakistan Mencapai 210 Orang


Warga bergegas keluar dari apartemen dan kantor mereka setelah merasakan gempa besar di provinsi Baluchistan, barat daya Pakistan (24/9).

Warga bergegas keluar dari apartemen dan kantor mereka setelah merasakan gempa besar di provinsi Baluchistan, barat daya Pakistan (24/9).

Pemerintah mengatakan jumlah korban jiwa telah mencapai 210 orang dan kemungkinan masih terus naik.

Pihak berwenang di Pakistan mengatakan bahwa korban jiwa dari gempa di barat daya Pakistan telah naik mencapai sedikitnya 210 orang, setelah sejumlah rumah dari tanah ambruk di daerah Awaran yang berbukit-bukit di provinsi Baluchistan, dekat perbatasan Iran.

Seorang pejabat setempat, Jan Muhammad Bulaidi, mengumumkan hal tersebut, Rabu pagi (25/9). Ia mengatakan lebih dari 300 orang lagi cedera. Tim penyelamat sedang memindahkan mereka ke rumah sakit, tetapi usaha mereka telah terhambat oleh kerusakan yang luas. Pejabat itu mengatakan orang-orang yang selamat di daerah itu – dekat perbatasan dengan Iran – sangat membutuhkan tenda, obat-obatan, dan makanan.

Getaran yang kuat pada Selasa juga menyebabkan dasar laut naik, membentuk pulau kecil. Saluran-saluran berita di televisi Pakistan memperlihatkan gambar-gambar daratan berbatu-batu yang muncul dari laut di pesisir selatan negara tersebut.

Badan Survei Geologi AS mengatakan gempa tersebut memiliki kekuatan 7,7 skala Richter dan pusatnya ada sekitar 230 kilometer barat daya Dalbandin di Baluchistan, yang berbatasan dengan Afghanistan dan Iran.

Pihak berwenang mengatakan jumlah korban jiwa kemungkinan masih terus naik.

Saluran televisi Pakistan, Geo TV melaporkan, getaran-getaran terasa di bagian-bagian lain Pakistan dan beberapa kota di India, termasuk New Delhi.
XS
SM
MD
LG