Tautan-tautan Akses

Partai Konservatif PM Harper Menangkan Mayoritas Parlemen Kanada


Pimpinan Partai Konservatif PM Kanada Stephen Harper, dielu-elukan oleh para pendukungnya di Calgary, Alberta (2/5). Partai Konservatif memenangkan mayoritas kursi di Majelis rendah.

Pimpinan Partai Konservatif PM Kanada Stephen Harper, dielu-elukan oleh para pendukungnya di Calgary, Alberta (2/5). Partai Konservatif memenangkan mayoritas kursi di Majelis rendah.

Partai Perdana Menteri Stephen Harper memenangkan sedikitnya 167 dari 308 kursi untuk memperoleh mayoritas mutlak dalam Majelis Rendah parlemen Kanada.

Perdana Menteri Kanada Stephen Harper menang besar dalam pemilihan parlemen sehingga Partai Konservatif pimpinannya bisa membentuk pemerintahan mayoritas.

Kemenangan menyeluruh itu menyebabkan pengunduran diri pemimpin partai Liberal, Michael Ignatieff hari Selasa. Pihak Liberal yang selalu berkuasa atau memimpin kelompok oposisi mengalami kekalahan terburuk dalam pemilu hari Senin. Partai itu kehilangan 43 dari 77 kursi. Ignatieff bahkan kehilangan kursi di wilayahnya, Toronto.

Hasil-hasil provinsi menunjukkan pihak Konservatif memenangkan sekurangnya 167 kursi di Majelis Rendah. Partai itu membutuhkan sekurangnya 155 kursi untuk meraih mayoritas mutlak di DPR dengan 308 kursi itu. Kemenangan itu memberi Harper mayoritas parlemen yang pertama sejak berkuasa tahun 2006, dan memungkinkannya memerintah terus sampai 2015.

Hasil kampanye pemilu selama lima minggu belakangan ini merupakan kejutan besar bagi rakyat Kanada. Partai Liberal yang beroposisi kalah besar dan menempati posisi ketiga di belakang Partai Demokrat Baru. Partai Liberal belum pernah memperoleh hasil yang begitu parah sejak berdirinya Kanada.

Berbicara kepada pendukungnya di Calgary, pemimpin Partai Konservatif dan Perdana Menteri Stephen Harper mengatakan partainya kini harus membawa kemenangan mayoritasnya ke parlemen, dan jangan menjauhkan diri dari orang-orang yang tidak memilihnya.

"Warga Kanada membuat keputusan yang sangat penting hari ini. Mereka memilih harapan, kesatuan tujuan dan Kanada yang kuat. Karena Kanada memilih harapan, kita sekarang dapat mulai bersatu kembali. Seperti seharusnya, sebagai rakyat Kanada, sebagai sesama warga negara, teman dan tetangga, kita sangat sadar bahwa kita harus menjadi pemerintah bagi semua rakyat Kanada, termasuk mereka yang tidak memilih kita,” ujar Harper.

Meskipun tidak memenangkan pemilu, para pendukung Partai Demokrat Baru (NDP) juga bersorak kegirangan. Mereka memperoleh suara hampir tiga kali lipat jumlah anggota mereka sebelumnya di DPR Kanada dan sekarang menjadi Oposisi Resmi.

Pemimpin Partai Demokrat Baru Jack Layton mengatakan ia akan bertemu dengan Harper dalam beberapa hari mendatang, dengan harapan bisa mengadakan perdebatan yang lebih terhormat di parlemen Kanada.

"Kami berkomitmen untuk membuat kemajuan dengan hati-hati dan bijaksana, langkah praktis selangkah demi selangkah, sama seperti yang telah kita lakukan setiap kali partai kita mengemban tugas di negeri ini," ujar Layton.

Pemimpin Partai Liberal Michael Ignatieff bahkan kehilangan kursinya dalam pemilihan di wilayah Toronto, tetapi katanya ia akan tetap menjadi pemimpin partai itu. Partai Bloc Quebecois, yang bertekad memisahkan Quebec dari Kanada, kini tersingkir dari status resmi dalam DPR Kanada.

XS
SM
MD
LG