Tautan-tautan Akses

AS

Komponen Elektronik Palsu Tiongkok Ditemukan dalam Peralatan Militer AS


Salah satu piranti yang digunakan sebagai pelengkap kacamata malam militer Amerika (Foto: ilustrasi).

Salah satu piranti yang digunakan sebagai pelengkap kacamata malam militer Amerika (Foto: ilustrasi).

Senat Amerika merilis laporan terkait ditemukannya komponen elektronik palsu dari Tiongkok dalam peralatan militer AS.

Sebuah penyelidikan Senat Amerika mengungkapkan adanya komponen-komponen elektronik palsu buatan Tiongkok yang digunakan dalam peralatan militer Amerika. Hal ini membahayakan keamanan pasukan Amerika dan beresiko bagi keamanan nasional.

Penyelidikan selama setahun yang dilakukan oleh Komisi Angkatan Bersenjata Senat menemukan lebih 1.800 kasus komponen elektronik palsu, mulai dari pesawat kargo sampai ke kacamata malam hari.

Laporan yang dirilis hari Senin (21/5) mengatakan bahwa lebih 70 persen dari kira-kira satu juta komponen itu berasal dari Tiongkok. Penyelidikan itu juga mengecam pihak berwenang dan kontraktor pertahanan Amerika, karena ketidakmampuan mereka mendeteksi barang-barang palsu atau secara rutin gagal melaporkan kasus-kasus komponen yang dicurigai palsu.

Komisi itu menyalahkan pihak berwenang Tiongkok karena mengganggu penyelidikan mereka. Para penyelidik Amerika tidak diberi visa oleh pihak berwenang Tiongkok dan menyatakan bahwa laporan yang negatif dapat merugikan hubungan Amerika-Tiongkok.
XS
SM
MD
LG