Tautan-tautan Akses

Komisi HAM PBB Serukan Penyelidikan atas Penumpasan Suriah


Navi Pillay, Komisioner Tinggi Badan HAM PBB
Navi Pillay, Komisioner Tinggi Badan HAM PBB

Navi Pillay, Komisioner Badan HAM PBB, mengulangi seruannya agar pemerintah Suriah memberi akses kepada misi pencari fakta PBB.

Pejabat tinggi Badan HAM PBB menyerukan sebuah penyelidikan seksama atas tuduhan penganiayaan luas di Suriah, dalam penumpasan terhadap para pembangkang oleh pemerintah.

Navi Pillay, Komisioner Tinggi Badan HAM PBB hari Rabu juga mengulangi seruannya agar Suriah, memberi akses kepada misi pencari fakta PBB. Kantornya telah mengeluarkan sebuah laporan menyebut tuduhan-tuduhan terhadap pasukan Suriah, termasuk penggunaan kekerasan berlebihan terhadap warga sipil, penahanan sewenang-wenang dan penyiksaan.

Badan HAM PBB mengatakan tuduhan paling “mengerikan” yang menjadi keprihatinan adalah penggunaan peluru tajam terhadap warga sipil.

Laporan PBB tersebut dikemukakan pada saat militer Suriah memperluas penumpasannya terhadap kelompok oposisi di daerah utara dekat perbatasan Turki – sebuah langkah yang memicu ribuan warga Suriah mengungsi ke Turki.

Hari Rabu pasukan militer bersiap untuk memasuki Maarat al-Numan. Para saksi dan aktivis mengatakan tank-tank telah mengepung bagian utara kota tersebut.

Pasukan Suriah masih menguasai Jisr al-Shughour – kota terdekat, setelah bergerak kesana hari Minggu lalu.

XS
SM
MD
LG