Tautan-tautan Akses

Kirby: AS Berperan Besar dalam Penyaluran Bantuan dan Komunikasi ke Gaza


Juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS, John Kirby, menggelar konferensi pers di Gedung Putih, Washington, pada 26 Oktober 2023. (Foto: Reuters/Ken Cedeno)
Juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS, John Kirby, menggelar konferensi pers di Gedung Putih, Washington, pada 26 Oktober 2023. (Foto: Reuters/Ken Cedeno)

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional John Kirby mengatakan Amerika Serikat berperan besar dalam membantu memasukkan bantuan kemanusiaan ke Gaza.

Ia menyampaikan pernyataan tersebut di saat hampir tiga lusin truk memasuki Gaza dalam konvoi bantuan terbesar sejak perang antara Israel dan Hamas dimulai. Tetapi menurut pekerja kemanusiaan bantuan itu masih jauh dari kebutuhan setelah ribuan orang di Gaza masuk ke gudang bantuan untuk mencari makanan.

Kirby mengatakan Amerika Serikat ikut dalam perundingan untuk membantu memulihkan komunikasi bagi sebagian besar dari 2,3 juta penduduk Gaza pada hari Minggu (29/10). Perundingan itu terjadi setelah pemboman Israel yang digambarkan penduduk sebagai perang paling dahsyat melumpuhkan layanan telepon dan internet pada Jumat (27/10) malam.

Kirby juga mengatakan pada Senin bahwa ia tidak dapat memverifikasi atau menyangkal kebenaran video yang konon berisi sandera perempuan yang dibebaskan Hamas.

Namun, ia menggambarkan pembebasan itu sebagai “sangat tercela.” Kirby mengatakan video semacam itu hanya menimbulkan rasa sakit dan kepedihan bagi keluarga mereka yang ditahan di Gaza. [ka/lt]

Forum

XS
SM
MD
LG