Tautan-tautan Akses

Kerusuhan di Mesir Picu Reaksi di Kawasan Timur Tengah


Polisi dan pendukung pemerintah Mesir di luar masjid al-Fatah di Kairo (17/8). (Reuters/Muhammad Hamed)
Polisi dan pendukung pemerintah Mesir di luar masjid al-Fatah di Kairo (17/8). (Reuters/Muhammad Hamed)

Protes atas kekerasan di Mesir menyebar ke kawasan lain di Timur Tengah, serta Malaysia dan Indonesia.

Ketegangan yang meninggi di Mesir antara pemerintah sementara dan pendukung presiden yang digulingkan Mohamed Morsi berdampak pada negara-negara tetangga Mesir.

Sebuah bom meledak di Konsulat Mesir di Benghazi, Libya Sabtu (17/8), merusak dinding luar bangunan dan kendaraan di dekatnya. Penyelidik mengatakan belum ada pihak yang segera menyatakan bertanggung jawab atas serangan itu.

Sementara itu, pihak Islamis dan demonstran lain telah melakukan demonstrasi di tempat lain dalam kawasan Timur Tengah untuk memprotes penumpasan pemerintah Mesir terhadap warga sipil.

Beberapa ribu orang Arab di Israel mengibarkan bendera Mesir dan membawa gambar Morsi pada Sabtu sambil berbaris di Nazareth. Ratusan orang berkumpul di luar Kedutaan Mesir di Tunis Jumat seraya mengecam penumpasan itu. Ribuan lain melakukan protes di Ankara dan Istanbul, memperlihatkan solidaritas dengan pemrotes di Mesir.

Selain itu, sekelompok besar Muslim melakukan demonstrasi di Indonesia dan Malaysia, mendesak agar pemerintah Mesir tidak menggunakan kekuatan terhadap demonstran.
XS
SM
MD
LG