Tautan-tautan Akses

Usia Boleh Lanjut, Main Softball Jalan Terus

  • June Soh

Janet Weeks, 75 tahun, bermain softball secara teratur di lapangan ini di luar Washington, DC, bersama anggota-anggota lain The Golden Girls, kelompok olah raga softball untuk perempuan lanjut usia.

Janet Weeks, 75 tahun, bermain softball secara teratur di lapangan ini di luar Washington, DC, bersama anggota-anggota lain The Golden Girls, kelompok olah raga softball untuk perempuan lanjut usia.

The Golden Girls, kelompok perempuan lanjut usia di Washington, DC, membentuk kelompok softball untuk meningkatkan kegiatan fisik dan interaksi sosial.

Janet Weeks, 75 tahun, main softball secara teratur di sebuah lapangan di luar Washington bersama anggota-anggota The Golden Girls, kelompok softball perempuan lanjut usia.

“Dulu ada iklan di surat kabar yang mencari orang berusia di atas 50 tahun untuk main bola. Lalu, saya mengatakan kepada diri saya sendiri, saya akan bergabung,” ujar Weeks.

Itu 22 tahun lalu. Weeks adalah salah satu dari 13 orang yang awalnya membentuk The Golden Girls. Sekarang kelompok itu beranggotakan lebih dari 170 orang.

Marilyn Mallery, 68 tahun, sudah 18 tahun bergabung dengan The Golden Girls. Ia bertugas di bagian hubungan kemasyarakatan.

“Semua pemain kami harus berumur sedikitnya 40 tahun. Tidak ada batas umur tertua, karena ada beberapa orang yang meskipun usianya 70-an dan 80-an masih aktif main softball. Kami punya liga yang terdiri dari empat tim,” ujar Mallery.

Menurut Mallery, liga The Golden Girls memiliki pemain dengan berbagai tingkat keterampilan.

Bagi para pemain yang lebih kompetitif, tim-tim turnamen The Golden Girls ini bertanding ke berbagai wilayah Amerika. "Saat ini, kami punya lima tim turnamen, tim usia 50, 55, 60, 65 dan 70. Kami adalah satu-satunya kelompok softball di Amerika, dan saya yakin, satu-satunya di dunia yang bisa menampilkan lima tim turnamen sekaligus.”

George Hersey, wasit pada Asosiasi Softball Amatir dan suami salah seorang anggota The Golden Girls, melatih kelompok tersebut. Ia mengatakan tim-tim itu sangat serius dengan pertandingan mereka dan tidak senang apabila mereka kalah.

“Banyak dari mereka pernah memenangkan medali emas di Olimpiade dan Olimpiade Senior. Mereka sudah bertanding di mana-mana sejak 1995 dan sejak itu selalu ikut dalam Olimpiade Senior. Mereka selalu meraih medali, setidaknya perunggu,” ujar Hersey.

Namun, The Golden Girls mengatakan bagian yang terbaik adalah persahabatan di antara mereka. Weeks mengatakan, “Kami telah melakukan banyak hal di luar softball. Kami pergi bertanding bersama-sama. Banyak hal lain yang kami lakukan, sulit menyebutkan satu per satu.”

Setiap Sabtu, ketika udara cerah, masing-masing tim melakukan dua pertandingan secara bergantian. Kemudian mereka berlatih sekitar dua jam.

Weeks mengatakan menjadi anggota The Golden Girls merupakan pengalaman yang mengubah hidupnya. Mendaftarkan diri sebagai anggota, tambahnya, adalah keputusan terbaik yang pernah dilakukannya.

XS
SM
MD
LG