Tautan-tautan Akses

Kedutaan Inggris dan Italia di Tripoli Diserang, Pemerintah Inggris Marah


Warga Libya berkumpul di dekat lokasi serangan NATO di Tripoli yang menewaskan putera bungsu Gaddafi (30/4).

Warga Libya berkumpul di dekat lokasi serangan NATO di Tripoli yang menewaskan putera bungsu Gaddafi (30/4).

Serangan ini tampaknya sebagai pembalasan serangan udara NATO yang menewaskan seorang putera Gaddafi dan tiga orang cucunya.

Kedutaan Inggris dan Italia di Tripoli, Libya, telah diserang, tampaknya sebagai pembalasan atas serangan udara NATO yang menewaskan seorang putera Gaddafi dan tiga orang cucunya yang masih kecil.

Serangan itu mengakibatkan PBB menarik semua staf internasionalnya dari Tripoli.

Menteri LN Inggris William Hague hari Minggu mengecam serangan itu, yang mengakibatkan kedutaan Inggris hangus terbakar. Kata Hague, serangan atas kantor-kantor perwakilan diplomatik melanggar konvensi Wina dan mengatakan pemerintahnya telah mengusir Dutabesar Libya dari Inggris.

Pemerintah Italia mengatakan kedutaannya adalah salah satu gedung yang dirusak oleh apa yang disebuitnya “perusuh”, dan menuduh pemerintahan Gaddafi tidak melindungi kantor-kantor perwakilan asing. Kebanyakan kedutaan asing di Tripoli telah ditutup dan staffnya diungsikan sebelum NATO mulai melancarkan serangan udara beberapa minggu lalu.

Kata jurubicara pemerintah Libya, Ibrahim Mussa, putera Gaddafi yang berumur 29 tahun dan tiga orang anaknya tewas dalam serangan nato hari Sabtu. Kata jurubicara itu, ini adalah usaha langsung untuk membunuh pemimpin Libya Gaddafi.

Kata Ibrahim lagi, Gaddafi dan istrinya sedang berada di rumah puteranya itu ketika serangan terjadi, tapi Gaddafi selamat dan tidak cedera.

XS
SM
MD
LG