Tautan-tautan Akses

Karzai Beri Klarifikasi Ucapannya kepada Menlu AS


Presiden Afghanistan Hamid Karzai

Presiden Afghanistan Hamid Karzai

P.J. Crowley mengatakan Presiden Karzai telah menegaskan kembali dukungannya pada kemitraan Amerika-Afghanistan.

Presiden Afghanistan Hamid Karzai menelpon Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton hari Jumat dalam usaha untuk meredakan pertentangan atas ucapannya yang menuduh masyarakat internasional dibelakang kecurangan pemilu di Afghanistan tahun lalu.

Jurubicara Departemen Luar Negeri Amerika P,J. Crowley mengatakan Presiden Karzai telah menegaskan kembali dukungannya pada kemitraan Amerika-Afghanistan, dan mengutarakan penghargaan atas sumbangan dan pengorbanan masyarakat internasional.

Sebelumnya, seorang pejabat tinggi Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan kepada VOA pembicaraan itu “konstruktif” dan mengatakan kedua pihak siap untuk bergerak maju. Pejabat itu mengatakan Karzai mengutarakan keheranan bahwa komentarnya telah menciptakan kegaduhan.

Jurubicara Karzai hari Jumat menyebut pembicaraan itu “ramah” dan mengatakan ucapan presiden Afghanistan itu telah “disalah-mengerti.”

Hari Kamis, Presiden Karzai mengatakan kepada pertemuan pekerja komisi pemilu di Kabul bahwa orang asinglah yang bersalah atas kecurangan yang meluas dalam pemilihan presiden tanggal 20 Augustus.

XS
SM
MD
LG