Tautan-tautan Akses

Kapal Migran Tenggelam di Lepas Pantai Yunani, Puluhan Hilang


Peta pulau Samos, Yunani (Foto: dok).

Peta pulau Samos, Yunani (Foto: dok).

Garda Pantai Yunani mengatakan mereka telah menyelamatkan 36 orang, namun 30 lainnya masih hilang setelah kecelakaan Senin pagi di perairan dimana ratusan migran lainnya telah tewas tahun ini.

Para pejabat Yunani mengatakan dua kapal penuh penumpang terbalik di lepas pantai Pulau Samos, menenggelamkan dua orang.

Garda Pantai Yunani mengatakan mereka telah menyelamatkan 36 orang, namun 30 lainnya masih hilang setelah kecelakaan Senin pagi (5/5) di perairan dimana ratusan migran lainnya telah tewas tahun ini.

Pihak berwenang mengatakan mereka tidak tahu kewarganegaraan para migran itu. Kapal-kapal Garda Pantai, sebuah kapal pesiar dan helikopter-helikopter SAR dikerahkan dalam operasi penyelamatan itu.

Ribuan migran dari Afrika, Asia dan Timur Tengah, dengan berdesak-desakan, sering menumpang kapal-kapal yang tidak aman untuk bisa memasuki Uni Eropa. Kecelakaan-kecelakaan fatal sering terjadi.

Yunani, Italia, dan Malta berulangkali meminta negara-negara sesama anggota Uni Eropa untuk melakukan lebih banyak hal untuk membantu menangani araus masuk migran secara besar-besaran
XS
SM
MD
LG