Tautan-tautan Akses

Kanada Buat Kesepakatan Perdagangan Bebas dengan Uni Eropa


Perdana Menteri KanadaStephen Harper dalam sebuah kunjungan di Beijing. (Foto: Dok)

Perdana Menteri KanadaStephen Harper dalam sebuah kunjungan di Beijing. (Foto: Dok)

Meski Eropa mengalami kesulitan ekonomi, Kanada tetap sangat tertarik dengan kerja sama tersebut karena Uni Eropa memiliki pasar kelas menengah terbesar di dunia.

Perdana Menteri Kanada Stephen Harper tiba di Brussels Kamis (17/10), untuk menuntaskan suatu perjanjian perdagangan bebas dengan Uni Eropa.

Menteri Keuangan Kanada Jim Flaherty menyebut perjanjian itu sebagai yang paling penting bagi Kanada sejak Amerika dan Kanada mencapai perjanjian perdagangan bebas pada 1987.

Flaherty mengatakan, meskipun Eropa mengalami kesulitan ekonomi, Kanada tetap sangat tertarik dengan kerja sama tersebut karena Uni Eropa masih merupakan pasar terbesar di dunia, dalam hal ini kelas menengahnya.

Perjanjian antara Kanada dan Uni Eropa akan membuat perusahaan-perusahaan Kanada lebih mudah berinvestasi dan melakukan transaksi penjualan dengan 17 negara anggota Uni Eropa dan 500 juta konsumennya.

Juru bicara perdagangan Uni Eropa John Clancy menyatakan bahwa Uni Eropa dan Kanada berharap akan mencapai kesepakatan mengenai perdagangan bebas itu dalam beberapa hari mendatang.
XS
SM
MD
LG