Tautan-tautan Akses

Jumlah Korban Tewas Gempa Ekuador Capai 262


Para sukarelawan mencari penyintas di reruntuhan bangunan yang hancur karena gempa bumi di Pedernales, Ekuador (17/4). (AP/Dolores Ochoa)

Para sukarelawan mencari penyintas di reruntuhan bangunan yang hancur karena gempa bumi di Pedernales, Ekuador (17/4). (AP/Dolores Ochoa)

Gempa berkekuatan 7,8 Skala Richter itu mengguncang pantai Pasifik di Ekuador dan getarannya dilaporkan terasa di seluruh negara itu.

Jumlah korban tewas karena gempa bumi hebat hari Sabtu (16/4) di Ekuador mencapai 262 orang Minggu malam, sementara ribuan orang yang kehilangan rumah mereka terpaksa tidur di jalan-jalan.

Wakil Presiden Jorge Glas mengatakan lebih dari 2.500 orang luka-luka. Dia mengawasi upaya penyelamatan hingga Presiden Rafael Correa tiba setelah mempersingkat lawatannya ke Italia.

Gempa berkekuatan 7,8 Skala Richter itu mengguncang pantai Pasifik di Ekuador dan getarannya dilaporkan terasa di seluruh negara itu. Kota wisata Pedernales dan kota Manta di pinggir pantai termasuk wilayah yang paling parah terkena dampaknya.

Tim pencarian dan penyelamatan (SAR) menggali reruntuhan bangunan dengan tangan kosong untuk mencari siapapun yang mungkin terkubur di bawah rumah dan gedung yang ambruk. Glas mengatakan Pedernales hancur.

Gempa itu terasa sampai 170 kilometer jauhnya di ibukota, Quito, sehingga memadamkan listrik dan sinyal telepon di beberapa permukiman. Bangunan-bangunan bergoyang sekitar 40 detik, memicu orang-orang berlarian ke jalan-jalan. [vm]

XS
SM
MD
LG