Tautan-tautan Akses

Jihadis Terkait Chechnya Tewas di Yaman


Tentara Yaman mengambil posisi dalam pertempuran melawan militan al-Qaida di provinsi Shabwa di bagian selatan negara itu (30/4).

Tentara Yaman mengambil posisi dalam pertempuran melawan militan al-Qaida di provinsi Shabwa di bagian selatan negara itu (30/4).

Tentara Yaman sedang melancarkan serangan terbaru terhadap al-Qaida di Semenanjung Arab (AQAP), yang menurut AS adalah cabang jaringan jihadis yang paling berbahaya di dunia.

Lima tersangka anggota al-Qaida, termasuk seorang komandan yang terkait dengan Chechnya, dan dua orang tentara tewas dalam serangan tentara Yaman terhadap jihadis di selatan.

Kementerian Pertahanan Yaman menyebut komandan itu sebagai Abu Islam al-Shishani, jihadis kedua yang dilaporkan tewas di Yaman pekan ini. Ditambahkannya, Shishani tewas di Majaala.

Tentara Yaman sedang melancarkan serangan terbaru terhadap al-Qaida di Semenanjung Arab (AQAP), yang menurut Amerika Serikat adalah cabang jaringan jihadis yang paling berbahaya di dunia. Amerika Serikat menarget AQAP dalam serangan-serangan pesawat tanpa awak yang telah menewaskan puluhan anggotanya akhir-akhir ini.

Pada Jumat (2/5), seorang tokoh AQAP lain, Qassem al-Rimi, mengancam akan melakukan balasan terhadap semua pihak yang terlibat dalam serangan pesawat nirawak, dan membantah bahwa banyak pejuang asing termasuk dalam kelompoknya.

Juga pada Jumat, Kementerian Pertahanan mengumumkan bahwa komandan jihadis asing, Abu Muslim al-Uzbeki, tewas dalam pertempuran di provinsi Abyan.
XS
SM
MD
LG