Tautan-tautan Akses

Jerman Tangkap Wartawan Al-Jazeera


Orang-orang protes di depan sebuah pengadilan menuntut pembebasan wartawan Al-Jazeera, Ahmed Mansour di Berlin, Jerman, Minggu, 21 Juni 2015.

Orang-orang protes di depan sebuah pengadilan menuntut pembebasan wartawan Al-Jazeera, Ahmed Mansour di Berlin, Jerman, Minggu, 21 Juni 2015.

Jerman telah menangkap seorang wartawan terkemuka dari jaringan Al-Jazeera Arab atas dasar surat perintah penangkapan Mesir.

Jaringan yang berbasis di Qatar itu mengatakan Ahmed Mansour, seorang reporter senior dari siaran Bahasa Arab, ditangkap Sabtu (20/6) di sebuah bandara di Berlin ketika hendak menaiki pesawat menuju Doha.

Seorang juru bicara polisi Jerman kemudian mengakui penangkapan wartawan berkewarganegaraan Mesir-Inggris berusia 52 tahun itu. Pihak penuntut Jerman diperkirakan akan meninjau penahanan itu Minggu pagi.

Situs jaringan itu juga mengatakan sebuah pengadilan Mesir tahun lalu menghukum Mansour secara in-absentia dengan hukuman 15 tahun penjara karena “menyiksa seorang pengacara pada tahun 2011 di lapangan Tahrir, Kairo.” Lokasi itu merupakan pusat pergolakan anti pemerintah yang menggulingkan presiden Hosni Mubarak.

Mansour, yang membawakan program berita populer, baru-baru ini mewawancarai pemimpin Front Al-Nusra yang berafiliasi dengan al-Qaida di Suriah.

Dalam pernyataan Sabtu, direktur sementara jaringan itu, Mostefa Souag, menyerukan agar Mansour segera dibebaskan.

XS
SM
MD
LG